Bos Tahu Formalin Asal Tangerang Ditangkap Polres Cilegon

Date:

Banten Hits – Otak pelaku peredaran tahu berformalin di pasaran dibekuk jajaran Polres Kota Cilegon. Pelakunya diketahui berinisial AR (55), pengusaha tahu menjalankan bisnisnya di kawasan Asoka, Kota Tangerang.

Tertangkapnya bos tahu berformalin ini berawal dari ditahannya sebuah minimbus colt diesel yang mengangkut penuh tahu saat akan memasok di Pasar Kranggot, Cilegon pada Minggu (21/06/2015) lalu.

“Memang benar, pada Minggu sekira pukul 01.00 wib dinihari, personil reskrim bekerjasama Dinkes dan Disperindagkop, telah mengamankan satu mobil box yang diduga membawa tahu berformalin. Dari uji yang dilakukan sementara, tahu yang ditemukan itu diduga mengandung formalin. Dari situ menjadi dasar petugas kita mengejar pelakunya,” ungkap Wakapolres Cilegon, Kompol Tri Panungko kepada wartawan, Selasa (23/06/2015).

Petugas yang melakukan pengembangan lantas menggerebek sebuah home industri tahu di kawasan Asoka Kota Tangerang.  

Dari penggerebekan, polisi berhasil mengamankan sejumlah bahan kimia yang diduga mengandung formalin yang disimpan di dalam jeriken besar. Salah satunya, zat pottasium sulfat yang diduga kuat menjadi zat yang dapat membuat tahu menjadi tahan lebih lama.

“Yang berhasil disita, ada 1 unit mobil colt diesel, tahu kosong berwarna putih 15 box, tahu Jambi 19 box, satu jeriken warna biru berisi cuka, tahu bio fresh, 1 jeriken warna putih berisi bio fresh, 1 jeriken warna biru enzim, 1 jeriken warna putih berisi zat cair enzim dan 1 plastik mengandung kalsium bio sulfat. Diduga bio fresh ini yang mengandung bahan pengawet,” tuturnya.

Atas perbuatannya pelaku terancam dijerat dengan Pasal 135 junto 136 huruf B Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012, tentang pangan dengan ancaman serendah-rendahnya 5 tahun penjara.

Sementara itu, pelaku AR membantah bahwa bahan yang digunakan untuk membuat tahu lebih tahan lama itu mengandung zat berformalin. Ia mengaku baru menjalani praktek tersebut di saat masyarakat tengah menjalankan ibadah puasa ramadan. (Uud)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...