Dewan Desak Disperindag Lebak Tingkatkan Pengawasan Makanan

Date:

Banten Hits – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak, meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) segera melakukan upaya dengan meningkatkan pengawasan terhadap peredaran bahan makanan.

Hal ini mesti dilakukan jika dari hasil uji lab ternyata benar ditemukan adanya kandungan formalin dalam salah satu bahan makanan yang dijual kemudian dikonsumsi masyarakat Cibadak sehingga mengakibatkan keracunan. 

“Kalau memang hasil lab nantinya ditemukan ada bahan kimia berbahaya bagi tubuh manusia di sampel itu, saya harap Pemkab bisa lebih memaksimalkan pengawasan terhadap bahan makanan yang dijual pedagang agar kejadian ini tidak lagi terulang,” kata anggota Komisi III DPRD Lebak, dr Juwita Wulandari, saat dihubungi Banten Hits, Senin (21/6/2015).

Untuk diketahui, terkait dengan kejadian keracunan yang dialami 26 Warga Kecamatan Cibadak, lima jenis makanan yang dikonsumsi warga yang diduga menjadi pemicu penyebab pusing, mual dan muntah-muntah menunjukkan hasil negatif setelah dilakukan uji lab UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Lebak oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

(BACA JUGA: Penyebab Keracunan 26 Warga Lebak Belum Diketahui)

“Dari lima makanan yakni nasi uduk, lontong, sambal, sayur dan bihun menunjukkan Cianida (Cn) negatif dan Arsen (As) negatif,” ujar Kepala UPTD Labkesda Kabupaten Lebak, Heri Fatoni, Jum’at (29/05/2015).

Untuk itu, kata dia, dari hasil lab tersebut pihaknya belum bisa memastikan apa penyebab keracunan yang dialami warga. Guna memastikan, sampel makanan akan dibawa ke laboratorium Balai Tes Kesehatan dan Lingkungan (BTKL) Jakarta.

“Hasil uji lab nya negatif. Tapi, untuk kepastiannya karena alat yang kami gunakan mungkin kurang cangih, kami akan kirim ke BTKL Jakarta,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan pada Dinkes Lebak dr Firman belum lama ini mengatakan, pihaknya belum mendapatkan hasil uji lab tersebut dari BTKL.

“Belum, kita belum dapat hasilnya. Nanti kalau sudah ada pasti kita sampaikan ke kawan-kawan media,” imbuhnya. (Uud)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...