Awas! Ada Makanan Mengandung Boraks dan Rhodamine B di Pasar Kelapa Dua

Date:

Banten Hits – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten menemukan beberapa bahan makanan yang terbukti mengandung zat kimia berbahaya dalam inspeksi mendadak yang dilakukan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang di Pasar Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jum’at (26/6/2015).

Dalam sidak tersebut, BPOM langsung menguji tiga bahan makanan yang dicurigai. Hasilnya, ketiganya positif mengandung bahan kimia jenis rhodamin B dan boraks.

Ketiga jenis makanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut adalah pacar cina, kerupuk merah dan krupuk rambah yang menganduk boraks. Ketiga makanan yang diuji tersebut diambil secara acak oleh BPOM dari para pedagang yang berjualan di Pasar Kelapa Dua.

“Kami telah menemukan tiga sampel makanan yang berbahaya, pacar cina dan kerupuk merah mengandung rhodamin B dan krupuk rambah yang mengandung boraks,” ujar Aditya Nopiansyah, Staf Seksi Pemeriksaan dan penyidikan BPOM Banten.

Setelah uji laboratorium selesai, BPOM akan menginvestigasi dan mencari tahu asal bahan makanan yang mengandung bahan berbayat tersebut.

“Kami akan mencari tahu asal dari mana produsen makanan berbahaya tersebut,” ujar Aditya.

Untuk menindaklanjuti temuan dalam sidak, BPOM bersama Disperindag setempat akan memberikan pembinaan terhadap para pedagang. Para pedagang yang terbukti menjual bahan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya akan terjerat hukum pidana.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...