Rencana Pentas Lumba-lumba di Lebak Dikecam

Date:

Banten Hits – Rencana pentas lumba lumba yang akan digelar di Kabupaten Lebak mendapat kecaman. Front Aksi Mahasiswa Rakyat (Fakrab) Banten memprotes pentas lumba-lumba yang akan digelar di kawasan Mandala pada bulan Juli 2015 tersebut lantaran pentas lumba-lumba yang dinilai sebagai bentuk penyiksaan terhadap satwa mamalia tersebut.

“Kami sangat menyangkan pihak-pihak terkait yang memberikan ijin penyelenggaraan sirkus lumba-lumba ini,” kata Divisi Kajian Sosial Fakrab, Sudira, kepada Banten Hits, Senin (29/6/2015).

Fakrab juga mempertanyakan aspek edukasi dalam komersialisasi pertunjukan lumba-lumba tersebut. Pasalnya, dalam pertunjukan tersebut masyarakat akan disuguhi bagaimana ketangkasan lumba-lumba yang bukan menjadi kebiasaan hewan tersebut di habitat aslinya.

“Sirkus lumba-lumba ini bisa dikategorikan sebagai bentuk penyiksaan terhadap satwa, dan ini sangat bertentangan apalagi di tengah bulan ramadhan,” terang Sudira.

Padahal, lanjut Sudira di beberapa daerah di Indonesia, pertunjukan lumba-lumba sudah dilarang.

“Ini tentu memalukan, disaat daerah lain melarang pertunjukan lumba-lumba, tapi di Lebak Banten justru pertunjukan ini mendapat izin. Sirkus ini hanya untuk hiburan dan kepentingan komersial belaka, karena sirkus lumba-lumba dan satwa lainnya hanya merupakan ekspolitasi hewan,” tegasnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...