Menhub Minta Pengelola Bandara Antisipasi Penumpukan Penumpang Mudik

Date:

Banten Hits – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meninjau kesiapan angkutan penerbangan Lebaran 2015 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (3/07/2015).

Dalam peninjauan tersebut, Jonan meminta kepada pengelola bandara untuk mengantisipasi penumpukan penumpang saat arus mudik nanti.

Sebelum melakukan penijauan terhadap angkutan penerbangan jelang lebaran, Jonan sebelumnya memimpin apel Siaga Angkutan Lebaran 2015 di Terminal 2D Bandara yang diikuti sekitar 100 personil dari berbagai instansi di lingkungan bandara seperti Polisi, TNI, Avsec, Imigrasi, Bea dan Cukai dan maskapai penerbangan.

Lalu, ia pun langsung melakukan pengecekan terhadap Posko Angkutan lebaran 2015 di area Terminal 1.

Selain itu, Jonan melakukan teleconference dengan pemimpin direksi pengelola 13 Bandara di Indonesia guna mempertanyakan kesiapan pelayanan arus mudik dan kendala yang dihadapi.

Menurutnya, kesiapan angkutan lebaran yang biasanya dilakukan H-7, saat ini dilakukan pada H-14. Diprediksi jumlah penumpang angkutan udara dari dalam dan luar negeri di seluruh bandara saat arus mudik dan balik lebaran mencapai 6,5 juta penumpang.

“Kenaikan jumlah penumpang diprediksi mencapai 3 persen dari lebaran tahun lalu. Puncaknya kemungkinan mulai hari Senin,” katanya.

Sehubungan dengan lonjakan penumpang di bandara, Jonan juga meminta kepada para petugas di bandara agar mengantisipasi lonjakan penumpang, seperti mengurangi antrian dengan mempercepat pemeriksaan di imigrasi. Sedangkan jika terjadi delay, diharapkan petugas maskapai menginformasikan kepada penumpang.

“Sekarang kan pengaturannya lebih baik, seharusnya tidak ada lagi delay. Kecuali ada masalah teknis. Kalau sampai terjadi delay, minta petugas untuk mengumumkan. Jangan sampai pihak maskapai menghindar. Bandara harus tetap aman dengan tidak mengurangi pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya. (Uud)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...