Antisipasi Kekeringan, Dishutbun Lebak Siapkan 400 Ribu Bibit Tanaman

Date:

Banten Hits – Sebanyak empat ratus ribu bibit tanaman dari berbagai jenis disiapkan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Lebak. 

Ratusan ribu bibit tersebut disiapkan guna mengantisipasi kekeringan menyusul masuknya musim kemarau. Bibit-bibit siap tanam tersebut akan ditanam di sekitar hutan rakyat, atau pekarangan rumah warga.

“Bibit siap tanam tersebut diantaranya, Albasiah, Jabon, Mahoni, Akasia Manium dan Sukun,” ujar Kasi Perlindungan Tanaman Dishutbun Lebak Usep Subhan, kepada wartawan.

Usep mengatakan, bibit-bibit tanaman tersebut tengah disemai dan sebagian lagi tinggal disalurkan. Ia menerangkan, bagi masyarakat yang ingin memperoleh bibit tersebut diharuskan membuat pengajuan dari Desa setempat.

“Dishutbun nanti akan melakukan survei ke lokasi sesuai dengan ajuan yang diajukan,“ terangnya.

Usep menjelaskan, bibit-bibit tersebut juga berfungsi sebagai upaya reboisasi (penghijauan). Namun, dalam penyaluran bibit pihaknya akan menyesuaikan dan lebih memperioritaskan ke wilayah yang mengalami kekeringan.

“Kita sesuaikan dan prioritas nya sesuai hasil Musrenbang tingkat Desa,” sambungnya.

Kabid Kehutanan Imam, menambahkan, dalam proses persemaian bibit, pihaknya bekerjasama dengan SMK Pertanian dan Sekolah Adiwiyata bidang lingkungan di wilayah Kabupaten Lebak.

“Ya, untuk persemaian kita koordinasi dan kerjasama dengan SMK Pertanian dan Sekolah Adiwiyata di Lebak,” imbuhnya. (Uud)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...