Merawat dan Mempromosikan Seni Tradisi lewat Festival Rampak Bedug Pandeglang

Date:

Halaman Kodim 0601 Kabupaten Pandeglang, Sabtu (25/7/2015) malam tampak meriah. Suara bedug mengalun bertalu-talu dari atas panggung Festival dan Gelar Karya Rampak Bedug yang digelar Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pandeglang.

Wartawan Banten Hits Saepulloh melaporkan, Festival dan Gelar Karya Rampak Bedug ini digelar selama dua hari, 25-26 Juli 2015. Festival ini diikuti 24 grup atau sanggar yang telah diseleksi, terdiri dari 12 grup anak-anak dan 12 grup dewasa.

Sekretaris Disparpora Pandeglang, Mustandri mengatakan,  Festival dan Gelar Karya Rampak Bedug ini adalah upaya promosi seni dan budaya Kabupaten Pandeglang. Rampak Bedug sebagai seni tradisi Kabupaten Pandeglang diharapkan bisa dikenal masyarakat luas.

“Kami berharap festival ini bisa menjadi event tahunan yang tetap dipertahankan. Selain menghibur masyarakat Pandeglang, juga bisa menarik wisatawan untuk datang ke Pandeglang,” ujar Mustandiri dalam sambutannya.

Menurut Mustandri, mempromosikan Rambak Bedug bukan hanya tugas pemerintah, paguyuban seni dan sanggar seni, melainkan juga masyarakat umum diharapkan turut ambil bagian untuk mempromosikannya.

Mustandri mengaku, rampak bedug ini bukan hanya pernah pentas di daerah Pandeglang dan Banten, melainkan pernah pentas di berbagai negara.

“Kesenian rampak bedung ini pernah dipentaskan di Amerika dan Belanda. Ternyata tanggapan mereka sangat antusias,” jelasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...