Connect with us

METROPOLITAN

Peduli Bencana Kekeringan, Forum Wartawan Kejaksaan Salurkan Air Bersih

Published

on

Banten Hits – Kekeringan yang melanda 30 Desa yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Lebak mengakibatkan sulitnya masyarakat dalam mendapatkan air bersih. Pemkab Lebak melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat pun langsung mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang mengalami krisis air bersih.

Tak hanya Pemerintah, sulitnya masyarakat dalam mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga ikut mengundang reaksi simpati dari para Jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka).

Di tengah keterbatasan, para wartawan asal Lebak tersebut ingin melakukan aksi nyata untuk membantu masyarakat yang terdampak krisis air bersih di empat kampung di Desa Cibadak, Kecamatan Cibadak.

“Beberapa hari ini kita melakukan peliputan warga yang mengalami krisis air bersih, kita melihat bagaimana sulitnya warga mendapatkan air bersih di tengah bencana kekeringan,” kata Ketua Forwaka Nurabidin Ubaidilah kepada Banten Hits, Selasa (27/7/2015).

Dengan kesepakatan awak Jurnalis lainnya, aksi nyata kemudian dilakukan Forwaka dengan menyalurkan air bersih kepada masyarakat di Kampung Batu Rambang, Desa Cibadak, Kecamatan Cibadak.

“Kawan-kawan sepakat untuk sedikit berpartisipasi membantu masyarakat agar mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari,” ujar wartawan Radar Banten ini.

Ia mengatakan, Forwaka akan semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat dan berharap kehadiran Jurnalis juga bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Kita akan terus upayakan bisa benar-benar maksimal membantu masyarakat apalagi di tengah bencana kekeringan seperti sekarang,” katanya.

Sekretaris Forwaka Deden Kurniawan, menambahkan, persoalan menangani bencana kekeringan tidak hanya cukup dilakukan oleh Pemerintah. Semua elemen masyarakat juga punya andil untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak dari kekeringan.

“Kita berharap langkah ini juga bisa menggugah elemen lain untuk bersama-sama membantu meringankan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kajari Rangkasbitung Hendro Dewanto, menyambut baik kegiatan yang dilakukan para awak media tersebut. Dirinya pun memerintahkan Kasi Pidum Romi untuk ikut bersama-sama mendistribusikan bantuan air bersih tersebut.

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan yang dilakukan oleh rekan-rekan Forwaka yang ingin membantu langsung masyarakat mendapatkan air bersih,” imbuhnya.(Rus)

 

Trending