Connect with us

METROPOLITAN

Sengketa Pilkades, Pemkab Pandeglang Persilakan Ajukan Ke PTUN

Published

on

Banten Hits – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Badan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPDPMD) mempersilakan pihak yang bersengketa dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Serang, mengajukan gugatan ke PTUN.

“Untuk pengaduan sengketa (Pilkades), itu sudah dijawab oleh surat bupati dan SK bupati. Kalau tidak puas,  mereka silakan ajukan ke PTUN,” kata Ketua Bidang BPDPMD Kabupaten Pandeglang, Gunara kepada Banten Hits, Selasa (28/7/2015).

Hal senada diungkapkan Gunara, pejabat lainnya di BPDPMD Kabupaten Pandeglang. Menurutnya, pengaduan  sengketa Pilkades tidak mengganggu proses pelantikan kepala desa terpilih.

“Pengaduan sengketa Pilkades tidak mengganggu proses pelantikan, karena sengekta Pilkades berkaitan dengan hukum, meskipun kepala desa terpilih sudah dilantik  proses hukum berlanjut,” ujar Gunara.

Gunara menegaskan, jika Putusan pengadilan ditemukan masalah atau cacat hukum kepala desa yang sudah dilantik akan diberhentikan dan diganti oleh PJS.

“Kita akan berhentikan kepala desa it dan diganti oleh PJS. Sementara desa itu baru bisa mengikuti pilkades serentak ke dua pada tahun 2017 nanti,” ungkapnya.

Sebagaimana telah diberitakan, Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi telah melantik 206 kepala desa terpillih di Gedung Pendopo Bupati Pandeglang, Senin (27/7/2015).(Rus)

Trending