Ricuh, Rapat Penetapan Calon Kades Bojong Cae Lebak Ditunda

Date:

Banten Hits – Rapat penetapan calon Kepala Desa (Kades) Bojong Cae, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, yang seyogyanya dilakukan Rabu (5/8/2015) di kantor Desa urung dilaksanakan pihak panitia pemilihan (panlih) Kades setempat.

Gagalnya penetapan calon Kades tersebut menyusul adanya aksi protes dari puluhan warga yang mendatangi kantor Desa dan meminta panlih menggugurkan seluruh calon Kades.

Puluhan warga yang didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga tersebut merupakan pendukung Aliudin, mantan Kades setempat yang juga salah satu calon Kades Bojong Cae. Mereka kecewa lantaran Aliudin tidak lolos dalam penetapan calon Kades yang dilakukan Pemkab Lebak.

“Masa yang persyaratan domisilinya bermasalah diloloskan sedangkan calon yang telah memenuhi syarat justru tidak diloloskan. Kalau memang Aliudin tidak lolos maka semua calon harus digugurkan,” kata salah seorang pengunjuk rasa.

Menurut mereka, tidak lolosnya Aliudin dalam keputusan Pemkab Lebak sangat mencederai hati warga Bojong Cae. Bahkan, informasi yang diperoleh para pendukung Aliudin ini menyebutkan bahwa Aliudin memang tidak akan diloloskan sebagai calon Kades.

“Kami dengar bocoran dari salah satu calon Kades di Desa tetangga yang mengatakan kalau Aliudin tidak akan ditetapkan sebagai calon. Tentu ini ada yang tidak beres di panitia,” ujar Sarniti.

Sementara itu, tim sukses Aliudin, Sukanta, justru mensinyalir adanya rekayasa dan ketidak obyektifan dalam keputusan yang tidak meloloskan jagonya tersebut. Pasalnya, ada dua calon yang domisili kurang dari satu tahun justru diloloskan. Padahal, didalam Perda hal tersebut sudah jelas dilarang.

“Buktinya adalah KK dan KTP dua calon itu belum genap satu tahun berdomisili di Bojong Cae,” ucapnya.

Untuk itu, Sukanta meminta Pemkab Lebak agar bisa melakukan seleksi ulang terhadap seluruh calon Kades di Desa tersebut.

“Ya, kami minta Pemkab bisa menyeleksi ulang persyaratan para calon Kades,” pintanya.

Selain menetapkan calon Kades, rapat yang digelar panlih tersebut juga akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pengundian nomor urut dan pemilihan bendera.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...