Connect with us

METROPOLITAN

2.260 Hektar Sawah di Lebak Kekeringan

Published

on

Banten Hits – Selain mengakibatkan sulitnya warga dalam mendapatkan air bersih, musim kemarau yang juga melanda Kabupaten Lebak membuat 2.260 hektar areal persawahaan mengalami kekeringan.

Bahkan di salah satu Kecamatan, sekitar 30 hektare sawah terancam gagal panen. Tidak menutup kemungkinan, ancaman gagal panen tersebut juga akan merambah ke sawah lain di Kabupaten yang sudah menetapkan status darurat bencana kekeringan tersebut.

“Data yang kita peroleh, ada 2.260 hektar persawahan yang mengalami kekeringan. Di Kecamatan Cihara, ada 30 hektar sawah yang masuk dalam kategori sawah tadah hujan terancam gagal panen,” kata Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lebak, Wismaryoto, Senin (10/8/2015).

Terkait ancaman gagal panen tersebut, Wismaryoto, mengaku, ada berbagai upaya yang dilakukan Distan, salah satunya dengan memberikan bantuan mesin penyedot air dengan kapasitas besar serta alat pompanisasi yang ditempatkan di beberapa wilayah yang terkena dampak kekeringan.

“Kita harapkan, dengan pompa tersebut sedikitnya bisa membantu para petani disaat kemarau seperti ini,” harapnya.

Salah seorang petani di Kecamatan Cihara, Saep, mengaku, areal perswahan di daerahnya memang mengalami gagal panen. Kondisi tersebut, membuat kerugian yang jika dihitung mencapai puluhan juta rupiah.

“Kami rugi besar dan berharap Pemerintaj bisa ngasih solusi soal ini,” imbuhnya.(Rus)

Trending