Senggol KMP Safira, KMP Mustika Tabrak Tembok Pemecah Ombak

Date:

Banten Hits – Diduga karena cuaca tidak stabil dan arus laut yang kuat di Perairan Merak, KMP Mustika yang akan keluar dari Dermaga V, Pelabuhan Merak, Cilegon usai melakukan bongkar muat menyenggol buritan KMP Safira yang saat itu bersamaan akan masuk ke Dermaga.

Tak hanya menabark KMP Safira, akibat tabrakan tersebut KMP Mustika menubruk tembok pemecah ombak (breakwater) yang ada di sekitar laut merak dan menghantam lampu rambu lalu lintas.

Informasi yang dihimpun Banten Hits, peristiwa terjadi sekira pukul 23.15 WIB, Rabu (12/8/2015) malam. Saat KMP Mustika yang hendak keluar dan berlabuh dari Dermaga V, KMP Safira yang saat itu dijadwalkan sandar di Dermaga V usai KMP Mustika bongkar muat malah disenggol pada buritan bodi kapal.

“Saya dapat informasi kalau breakwater ditabrak sama Mustika. Bukan itu saja, tapi rambu lampu kuning juga ditabrak. Kalau mau jelasnya coba tanyakan ke operator dan regulator pelabuhan,” kata salah satu sumber Banten Hits di internal Pelabuhan Merak yang tidak ingin disebutkan namanya, Kamis (13/8/2015).

Kapolsek KP Merak AKP Nana Supriatna yang dikonfirmasi, membenarkan, peristiwa tersebut. Nana mengatakan, tidak ada satupun penumpang yang menjadi korban dalam insiden tersebut. Kata dia, pasca tabrakan, kapal langsung dapat beroperasi kembali.

“Akibat sengolan, haluan KMP Mustika kedorong dan lecet karena menyeggol breakwater. Enggak ada korban, Mustika langsung melanjutkan pelayaran ke Bakau dan KMP Safira bongkar di dermaga V,” urai Kapolsek.

Sementara itu Kepala Cabang PT. Dharma Lautan Utama, Sunaryo, yang mengoperasikan KMP Mustika membantah jika kapalnya juga merusak rambu lalu lintas laut.

“Emang benar ada kejadian itu, kapal tabrak breakwater. Tapi untuk lampu kuning, katanya masih ada. Itu belum saya dapat informasi, karena sedang di Jakarta,” katanya.

Pihaknya belum dapat menyebutkan berapa kerugian yang terjadi. Namun setelah berlabuh dan bersandar di Pelabuhan Bakau, KMP safira Langsung mengalami perbaikan rutin di tengah laut.

“Posisi kapal sedang engker sekarang,” singkatnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...