Peralihan Status RSUD Berkah Pandeglang Terganjal Berbagai Soal

Date:

Banten Hits – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Pandeglang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang di Jalan Raya Labuan, KM 5, Cikoneng, Kabupaten Pandeglang akan berubah status dari  kelas C menjadi kelas B. Perubahan tersebut kini tengah diajukan ke Kementerian Kesehatan.

(BACA JUGA : RSUD Berkah Pandeglang Akan Beralih Status Menjadi Kelas B)

Peralihan status tersebut, menurut Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang dr. Asmani Reneyanti, terganjal keberadaan dokter tetap. RSUD Berkah Pandeglang tak punya dokter tetap karena gaji yang disiapkan untuk membayar dokter masih minim.

Menurut Asmani, gaji dokter di RSUD Berkah Pandeglang saat ini, sangat jauh jika dibandingkan dengan daerah lain. Meski demikian, Asmani terus berupa menyiapkan dokter tetap.

“Karena mereka (dokter) ke Pandeglang itu harus jelas untuk jasanya. Kita kan dokternya dokter pinjam, dokter tamu, karena dokter yang tetap itu gak ada yang mau kan digaji Rp 3, 5 juta sebulan. Harusnya kan (gajinya) Rp 30 juta,” kata Asmani kepada Banten Hits, Rabu (19/8/2015).

Asmani mengungkapkan, masih banyak sarana prasarana yang menjadi kendala dalam memenuhi syarat peralihan status dari kelas C ke kelas B. Sarana prasarana yang ada saat ini dinilai belum memadai, seperti petugas ICU yang masih kurang, dan ruang IGD yang masih biasa belum standar.

Asmani tetap optimistis RSUD Berkah Pandeglang bisa beralih status, tanpa harus membangun prasarana kelas B terlebih dulu, namun harus ada upaya anggaran yang disiapkan oleh pemerintah.

“Pokoknya kita berupaya maksimal. Nanti RKA 2016 ini kita tempelkan. Kalau di RKA nanti bisa diakomodir untuk kelas B, kita buat dan nanti kita ajukan ke Provinsi (Banten),” pungkasnya.

DPRD Kabupaten Pandeglang mendukung perubahan status RSUD Berkah Pandeglang dari tipe C menjadi tipe B. Jika perubahan status itu telah terwujud, DPRD meminta supaya RSUD Berkah Pandeglang memperbaiki sistem manajemennya.

(BACA JUGA : DPRD Dukung Perubahan Status RSUD Berkah Pandeglang)

Mendukung sepenuhnya dengan rencana (perubahan status RSUD Berkah) ini. Yang lebih penting RSUD meningkatkan  sistem manajemannya,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Erin Pabiana kepada Banten Hits, Jumat (7/8/2015).(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...