Pemprov Banten Beri Sinyal Tambah Bantuan APBD untuk Pemkot Serang

Date:

Banten Hits – Pemerintah Provinsi Banten memberikan sinyal positif untuk memenuhi permintaan pemerintah Kota Serang soal bantuan APBD.

Hal tersebut disimpulkan dari diskusi dengan tema “Menyoal Keberpihakan APBD Banten Terhadap Ibu Kota Provinsi Banten” yang digelar Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Serang, di salah satu restoran di Jalan Bhayangkara, Kota Serang, Kamis (20/8/2015).

(BACA JUGA : Penganggaran APBD Banten untuk Kota Serang Masih Belum Berpihak)

“Tema ini prokovatif, namun kami terima sebagai masukan berharga bagi pemerintah provinsi,” kata Sekda Banten Kurdin Matin sebelum memulai paparannya dalam diskusi tersebut.

Kurdi mengulas mengenai pembentukan Kota Serang yang kemudian membawa persoalan di kemudian hari, yaitu persoalan-persoalan yang dihadapi kota yang baru berusia delapan tahun tersebut.

Ia membawa diskusi pada cakupan yang lebih besar, yakni persoalan negara. Menurutnya, pembentukan Kota Serang sama seperti pembentukan NKRI saat hendak memerdekakan diri, merdeka dulu. Sementara hal-hal lain berkaitan dengan unsur pemerintah dibentuk kemudian.

Ia kemudian membandingkan, di Amerika misalnya, negara-negara bagian dahulu yang dibentuk, baru negara berdiri, sehingga semua perangkat pemerintahan, dan hal-hal yang berkaitan dengan pemindahan kekuasaan tidak menemui persoalan berarti.

“Pembentukan kota Serang tanpa persiapan perangkat yang tertata rapih, sehingga sistem administrasi keuangannya bermasalah dan itu berpengaruh terhadap penganggaran yang dilakukan provinsi,” terangnya.

Kurdi yang ditanya usai diskusi, kepada Banten Hits mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten mempunyai keinginan untuk menambah bantuan APBD untuk Kota Serang dengan syarat pengajuan program yang jelas.

“Kami mengajak Pemkot Serang untuk konsisten soal penataan kota. Jangan seperti sekarang ini, kota berkembang secara alamiah saja tanpa perencanaan yang matang. Karena kami juga tidak punya kewenangan untuk mengubah program yang sudah direncanakan pemkot,” ungkapnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...