Connect with us

METROPOLITAN

Sidang Digelar Malam, Mantan Anak Buah Airin Divonis Empat Tahun

Published

on

Banten Hits – Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Serang menjatuhkan vonis empat tahun penjara terhadap terdakwa kasus korupsi proyek alat kesehatan (alkes) dan fisik RSUD serta Puskesmas Tangsel tahun 2010-2012, Dadang M.Epid, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Serang, Senin (24/8/2015) malam.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel ini terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek alat kesehatan (alkes) dan fisik RSUD serta Puskesmas Tangsel tahun 2010-2012.

Vonis ini lebih ringan satu tahun dibanding tuntutan jaksa yakni lima tahun penjara. Selain pidana penjara, terdakwa juga dituntut membayar denda sebesar Rp 200 juta subsidair tiga bulan kurungan serta mengembalikan kerugian negara seluruhnya sebesar Rp 1.267.166.624,68.

BACA :  Zaki Sebut Pabrik Petasan yang Terbakar Pekerjakan Anak di Bawah Umur

(BACA JUGA : Dituntut Lima Tahun Penjara, Dadang M.Epid Melawan)

Jasden Purba yang menjadi majelis hakim menyatakan, Dadang M Epid telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagimana diatur dalam Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 ayat 1 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Putusan tersebut lebih ringan karena Majelis hakim menilai terdakwa telah bersikap sopan saat menjalani proses hukum, belum pernah dihukum, memiliki tanggungan keluarga, dan telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 1.267.166.624,68.

Sementara Hal yang memberatkan Dadang M Epid adalah karena tidak mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi dan memboroskan uang negara.

BACA :  Pecah Kaca Mobil Mandor di Jl Perintis Kemerdekaan, Pelaku Gasak Laptop

Sementara terdakwa, Dadang M Epid dan JPU KPK, Heri, sama-sama menyatakan akan berpikir terlebih dahulu apakah akan melakukan banding atau tidak. (Rus)



Terpopuler