Inflasi di Kota Serang Tertinggi di Banten

Date:

Banten Hits – Pada triwulan ke dua tahun 2015, inflasi di Provinsi Banten mencapai 8,91 persen year on year (yoy). Jika dibandingkan dengan triwulan pertama, angka tersebut mengalami peningkatan.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Banten, Budiharto Setyawan, Kamis (27/8/2015), mengatakan, jika dilihat secara mikro inflasi tertinggi berada di Kota Serang dengan presentase 9,63 persen (yoy).

Angka tersebut lebih tinggi daripada kenaikan harga yang terjadi di Kota Tangerang atau Kota Cilegon yang masing-masing 8,85 persen dan 8,41 persen.

Tingginya inflasi di Kota Serang dikarenakan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau. Salah satu komoditas makanan jadi, yakni nasi dan lauk yang naik sebanyak 23,75 persen. Berbeda dengan di Tangerang 15,53 persen dan Kota Cilegon 9,50 persen.

Kepala Unit Assessment Economi dan Keuangan BI Banten, Jenidar Oseva, mengungkapkan, melesetnya ramalan Bank Indonesia terhadap inflasi pada April–Juni dipengaruhi terhadap kondisi ekonomi global berdarkan  di sejumlah negara maju lain, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Cina.

“Ya, tiga negara itu merupakan tujuan utama ekspor kita. Tapi, realisasi perbaikan ekonomi di sana ternyata tidak sebaik yang kami kira,” katanya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...