Sapu Tangsel Temukan Iming-iming Uang dalam Kampanye Airin-Benyamin

Date:

Banten Hits – Satgas Lawan Politik Uang (Sapu) Tangsel menemukan iming-iming pemberian uang Rp 50.000 untuk setiap orang yang mau menghadiri kampanye pasangan petahana Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie yang dilaksanakan Minggu (30/8/2015).

“Model kampanye yang dilakukan pasangan petahana seperti ini, kami menilai jelas melanggar aturan dalam berkampanye. Ini salah satu bentuk politik uang yang dilakukan tim petahana,” kata Koordinator Sapu Tangsel, Beno dalam siaran pers yang dikirim ke Banten Hits.

Dugaan politik uang yang dilakukan pasangan Airin-Benyamin ini dilaporkan kepada Sapu Tangsel oleh masyarakat wilayah Gintung dan Rempoa, Kecamatan Ciputat.

Selain iming-iming uang, warga yang menghadiri kampanye Airin-Benyamin itu, dijanjikan juga akan mendapatkan makan siang dan kaos.

Menurut Beno, dalam UU nomor 8 tahun 2015 dan dipertegas dalam PKPU nomor 7 tahun 2015 aturan main dan larangan dalam berkampanye sudah sangat jelas pengaturannya. Harusnya tim pasangan Airin-Benyamin taat menjalankan aturan tersebut.

“Memberikan uang kepada masyarakat dalam berkampanye, sama saja tidak mendidik masyarakat cerdas dalam berpolitik. Ini upaya pembodohan politik pada masyarakat,” tegas Beno.

Praktik politik uang yang diduga dilakukan pasangan Airin-Benyamin di awal masa kampanye Pilkada Tangsel 2015, kata Beno, akan menjadi contoh yang buruk dalam pemahaman politik di masyarakat dan akan menjadi rujukan masyarakat lainnya.

“Nantinya masyarakat hanya akan mau ikut meramaikan Pilkada jika diberikan sejumlah uang,” ucapnya.(Rus)

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ternyata Ini Alasan Prabowo Usung Muhammad-Sara di Pilkada Tangsel 2020

Jakarta - Kota Tangsel dihuni masyarakat yang serupa dengan...

Peluang Menang Muhammad-Sara Lebih Besar di Pilkada Tangsel, NasDem Abaikan Kadernya yang Berkoalisi dengan Keponakan Ratu Atut

Jakarta - Pasangan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara) yang diusung...

Prabowo Subianto Akan Turun Langsung Menangkan Muhammad – Rahayu pada Pilkada Tangsel 2020

Tangsel - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyerahkan...

Istimewanya Pilkada Tangsel sampai Prabowo Subianto Umumkan Langsung Jagoannya

Jakarta - Partai Gerindra resmi mengusung pasangan Muhammad -...