Sebrangi Sungai Ciliman, Warga di Sukaresmi Pandeglang Andalkan Perahu Sampan

Date:

Banten Hits – Perahu Sampan tentu sudah sangat akrab dengan warga Kampung Tegal Papak dan Pampung Jengkol, di Desa Cibungur, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang. Pasalnya, alat transportasi yang satu ini memang menjadi andalan bagi warga sebagai sarana penyebrangan di atas aliran Sungai Ciliman.

Keberadaan perahu sampan menjadi salah satu alternatif warga untuk bisa menyebrangi Sungai dengan lebar hampir 15 meter tersebut. Hal tersebut, lantaran tidak adanya jembatan yang seyogyanya merupakan sarana penghubung warga untuk menyebrang ke kampung mereka.

“Lebih sering nyebrang dengan perahu daripada jalan darat yang jaraknya jauh dan memutar,” tutur Ating (24), warga kampung Cijengkol, Desa Cibungur, Kecamatan Sukaresmi, kepada Banten Hits, Senin (7/9/2015).

Ating mengaku, jika melalui jalan darat warga akan menempuh sekitar hampir satu jam perjalanan untuk menuju jalan raya Panimbang-Labuan). Sementara, jika menyebrang menggunakan perahu, warga hanya membutuhkan waktu lima menit.

Untuk sekali menyebrang, warga hanya membayar Rp2.000, sementara bagi warga yang menggunakan sepeda motor dikenakan tarfi Rp3.000.

“Jadi lebih baik naik perahu daripada harus jauh memutar ditambah lagi kondisi jalan yang rusak 7 Kilometer,” ucapnya.

Ating dan warga lainnya berharap, kondisi tersebut dapat membuka mata Pemerintah Daerah. Mereka juga mengharapakan adanya pemerataan pembangunan yang dilakukan Pemkab Pandeglang terutama terkait dengan kondisi infrastruktur.

“Pembangunan jangan cuma dipusatkan di perkotaan saja, kami juga butuh jalan dan jembatan yang layak diluli,” harapnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...