Banten Jadi Pusat Peringatan HUT TNI, Rano Siapkan Pertunjukan Kolosal Jenderal Soedirman

Date:

Banten Hits – Tentara Nasional Indonesia pada 5 Oktober 2015 akan memperingati hari ulang tahunnya yang ke-70. Yang menjadi kebanggan, Banten dipilih sebagai pusat peringatan hari jadi para tentara penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia tersebut.

Dengan demikian, maka dipastikan Presiden RI Joko Widodo akan kembali ke Banten untuk yang ke-7 kalinya selama ia menjabat. Selain Presiden, para duta besar negara-negara yang memiliki hubungan diplomasi dengan Indonesia juga akan menghadiri. 

Seiring ditetapkannya Banten sebagai pusat peringatan HUT TNI, ternyata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mempunyai permintaan spesial untuk orang Banten.

Menurut Gubernur Banten Rano Karno, saat rapat persiapan, Panglima TNI mengatakan bahwa dalam peringatan HUT TNI, gelar pasukan dan unjuk kekuatan militer adalah hal yang biasa. Karenanya Gatot Nurmantyo menginginkan sesuatu yang spesial.

“Saya ingin ada pertunjukan kolosal Jenderal Soedirman,” ujar Rano menirukan ucapan Panglima TNI, Selasa (14/9/2015).

Jajaran TNI yang hadir saat itu, saling tengok kebingungan mendengar permintaan Panglima. Mungkin karena tidak mengerti bagaimana menggarap sebuah pertunjukan teatrikal kolosal, meskipun cerita yang digarap adalah tentang jenderal panutan setiap prajurit di bumi Nusantara.

Pangkostrad Mayjen TNI Edy Rahmayadi kemudian memohon izin angkat bicara. Mengatakan bahwa pemimpin daerah di mana pusatkannya kegiatan HUT TNI adalah Rano Karno yang tentu tidak diragukan lagi dalam soal garapan seni seperti yang diinginkan Sang Panglima. Kemudian hal tersebut disetujui.

“Kita adalah sub menu dari peringatan HUT TNI, tetapi yang paling ditunggu,” terang Rano di alun-alun Kota Serang.

Dari pantauan Banten Hits, Rano membahas hal-hal yang berkaitan dengan pertunjukan kolosal tersebut, dimulai dari kostum, aksen, sampai rencana mengajak siswa-siswi yang akan bermain dalam lakon menonton Film Jenderal Soedirman agar semua pemeran memahami ruh dan jiwa Sang Jenderal. 

Sementara waktu untuk menyempurnakan garapan hanya tiga minggu ke depan, garapannya juga akan merekrut anggota beberapa grup teater yang ada di Banten.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...