Connect with us

METROPOLITAN

Rumah Instan Sederhana Mulai Dibangun di Provinsi Banten

Published

on

Banten Hits – Pembangunan perdana Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) akan segera dilakukan di sejumlah titik di Provinsi Banten. Perhatian pembangunan RISHA merupakan bentuk perhatian Pemprov Banten yang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terhadap masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal layak huni.

RISHA mulai dibangun di Kampung Andamui, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (17/9/2015). Ketua Tim PKK Provinsi Banten, Dewi Indriati, mengapresiasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Pemukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memberikan bantuan prototipe rumah layak huni RISHA. Diharapkan, kedepan akan dibangun lebih banyak lagi, khususnya perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

BACA :  Alun-Alun Rangkasbitung Gelap Gulita, Mahasiswa: Mengurus Alun-alun Saja Tidak Becus

“Harapan kita tentu kedepannya ada lagi terobosan baru dan hasil-hasil penelitian bidang perumahan dengan mempertimbangkan kearifan lokal serta karakter wilayah,” harap Dewi dengan nada optimis.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman Provinsi Banten, Husni Hasan, menjelaskan, bahwa untuk pembangunan RISHA akan dilakukan di 9 titik dan sekitar Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) yang juga menjadi prioritas, karena di perkampungan sekitar yang menjadi teras Provinsi, masih banyak ditemukan rumah tidak layak huni.

“Pak Gubernur memerintahkan saya agar yang berada di sekitar KP3B dulu dirapihkan, dan itu disambut gembira oleh masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, RISHA merupakan sebuah penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat. RISHA disebut sebagai teknologi instan dengan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya.

BACA :  Mayat Membusuk Korban Pembunuhan di KM 57 Tol Merak-Jakarta Bernama Dwi Siswanto

Inovasi tersebut, didasari oleh kebutuhan akan percepatan penyediaan perumahan dengan harga terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas bangunan sesuai dengan standar (SNI). (Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler