Rumah Instan Sederhana Mulai Dibangun di Provinsi Banten

Date:

Banten Hits – Pembangunan perdana Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) akan segera dilakukan di sejumlah titik di Provinsi Banten. Perhatian pembangunan RISHA merupakan bentuk perhatian Pemprov Banten yang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terhadap masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal layak huni.

RISHA mulai dibangun di Kampung Andamui, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (17/9/2015). Ketua Tim PKK Provinsi Banten, Dewi Indriati, mengapresiasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Pemukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memberikan bantuan prototipe rumah layak huni RISHA. Diharapkan, kedepan akan dibangun lebih banyak lagi, khususnya perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

“Harapan kita tentu kedepannya ada lagi terobosan baru dan hasil-hasil penelitian bidang perumahan dengan mempertimbangkan kearifan lokal serta karakter wilayah,” harap Dewi dengan nada optimis.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman Provinsi Banten, Husni Hasan, menjelaskan, bahwa untuk pembangunan RISHA akan dilakukan di 9 titik dan sekitar Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) yang juga menjadi prioritas, karena di perkampungan sekitar yang menjadi teras Provinsi, masih banyak ditemukan rumah tidak layak huni.

“Pak Gubernur memerintahkan saya agar yang berada di sekitar KP3B dulu dirapihkan, dan itu disambut gembira oleh masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, RISHA merupakan sebuah penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat. RISHA disebut sebagai teknologi instan dengan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya.

Inovasi tersebut, didasari oleh kebutuhan akan percepatan penyediaan perumahan dengan harga terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas bangunan sesuai dengan standar (SNI). (Nda)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...