Tahun Ini, Kabupaten Pandeglang Diguyur Dana Desa Rp91 Miliar

Date:

Banten Hits – Adanya perubahan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2014 menjadi PP nomor 22 tahun 2015 tentang Dana Desa (DD), alokasi Dana Desa (DD) yang diterima Kabupaten Pandeglang di tahun 2015 naik hampir dua kali lipat.

Jika pada saat PP nomor 60 Kabupaten Pandeglang hanya menerima Rp51 Miliar, di tahun 2015 Pemerintah Pusat mengalokasikan DD sebesar Rp91 Miliar.

“Saat PP nomor 60, Pandeglang menerima dana desa hanya Rp51 Miliar, setelah ada perubahan sekaligus dengan PP nomor 22, ada tambahan sebesar 40 Miliar, jadi totalnya Rp91 Miar,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Pandeglang, Tatang Efendi, kepada Banten Hits, Jumat (18/9/2015).

Ia menjelaskan, ketentuan alokasi DD, sembilan puluh persen akan dibagikan secara merata yang diperuntukan bagi semua Desa.

“Sembilan puluh persen itu dibagi rata, kemudian yang sepuluh persen berdasarkan klasifikasi atau kriteria luas wilayah, jumlah penduduk, tingkat kemiskinan, dan letak kesulitan geografis,” urainya.

Kendati DD yang bersumber dari APBN yang nantinya akan dialokasikan ke 326 Desa di Kabupaten Pandeglang belum terserap, namun BPMPD telah merekomendasikan 15 Kecamatan dari 35 Kecamatan untuk pencairan DD di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kabupaten Pandeglang.

“Pengajuan itu berdasarkan usulan Kecamatan. Kalau sudah lengkap, sesuai dengan aturan, kita rekomendasikan Ke DPKA untuk segara dicairkan,” pungkasnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...