Connect with us

METROPOLITAN

Kesadaran Warga Cilegon Bayar Pajak Bermotor Masih Rendah

Published

on

Banten Hits – Guna menekan pelanggaran dan meningkatkan kesadaran pengendara akan pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor, petugas gabungan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) Kota Cilegon bersama Satuan Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Cilegon, menggelar razia kendaraan di kawasan pertokoan Bonakarta, Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Cilegon, Selasa (29/9/2015).

Kanit Regiden Satlantas Polres Cilegon, Iptu Edwin mengatakan, dari razia tersebut diperoleh data yang menyebutkan, masyarakat pengendara di wilayah Cilegon cenderung masih minim kesadaran melakukan kewajiban untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

“Berdasarkan pengalaman berikut dengan pelaksanaan razia rutin yang dilakukan petugas, masyarakat pengendara bermotor di Kota Cilegon memang sudah cukup baik dalam membayarkan pajak kendaraannya, namun ketika petugas melakukan razia masih didapati sebagian masyarakat pengendara kendaraan yang masih saja malas untuk membayar pajak dengan berbagai alasan,” ungkap Edwin.

BACA :  Pengerjaan Tiga Proyek DAK di Pandeglang Dipastikan Molor

Menurut Edwin, dalam razia kali ini petugas mendapatkan puluhan kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4) terjaring razia karena STNK diketahui sudah habis masa berlakunya.

“Saat ditanya masa berlakunya habis, sebagian pengendara selalu beralasan macam-macam. Bahkan ada yang beralasan harus cuti kerja dulu untuk bisa membayar pajak. Seharusanya masyarakat sadar membayar pajak. Jangan hanya ingin punya motor dan mengendarainya, namun malas untuk melaksanakan kewajiban membayar pajak kendaraan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Purdadi salah seorang pengendara sepeda motor mengatakan, sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan swasta, ia hanya memiliki sedikit waktu untuk membayar pajak. 

“Dari Senin sampai Sabtu kita kan kerja. Sedangkan Minggu, Samsat juga tutup. Jadi kita juga nggak punya waktu,” ujarnya.

BACA :  Enam Armada Pengangkut Sampah Milik Pemkab Lebak Rusak

Dalam razia kali ini petugas gabungan Samsat dan Satlantas Polres Cilegon,, mengamankan sebanyak 50 kendaraan bermotor yang masa berlaku STNK-nya habis, 12 kendaraan dilakukan penilangan karena tidak dilengkapi SIM, serta lima kendaraan bermotor tidak satupun dilengkapi surat-surat kendaraan.(Rus)

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler