Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Ekonomi Melemah, 12 ribu Buruh Kota Tangerang di-PHK

Published

on

Banten Hits – Sejumlah perusahaan industri manufuktur seperti garmen dan logam di Kota Tangerang telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 12 ribu orang karyawannya, menyusul melemahnya ekonomi yang mengakibatkan menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan, berdasarkan data yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang, hingga akhir September 2015 ini sudah 12 ribu buruh di-PHK dan 15 ribu buruh lainnya dirumahkan.

“Rata-rata perusahaan yang melakukan PHK bergerak di bidang garmen dan logam yang bahan bakunya impor dengan nilai dollar, sedangkan produknya dijual di dalam negeri dengan nilai rupiah sehingga perusahaan rugi. Jika sudah demikian PHK memang tidak terhindarkan,” jelasnya, Rabu (30/9/2015).

BACA :  Nelayan di Pandeglang Terancam Kehilangan Mata Pencaharian

Abduh menambahkan, untuk menanggulangi tingkat pengangguran akibat banyaknya karyawan yang di-PHK, Disnaker Kota Tangerang akan menggelar mini job fair di Kecamatan Cibodas. Dalam job fair tersebut ada 6.000 lowongan yang tersedia, di mana 5.000 lowongan tersedia untuk sopir taksi dan 1.000 lowongan di bidang jasa.

 “Mudah-mudahan ini bisa membantu para pekerja yang terkena PHK,” ujarnya.(Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler