Connect with us

METROPOLITAN

Narkoba Senilai Rp1,2 Triliun Dimusnahkan

Published

on

Banten Hits – Polda Metro Jaya memusnahkan Narkoba senilai Rp1,2 Triliun di tempat pembakaran sampah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (8/10/15).

Narkoba tersebut, merupakan barang bukti hasil penangkapan dari jaringan internasional dalam kurun waktu tiga bulan terakhir (Juli-September 2015). Seluruh barang bukti adalah hasil sitaan dari 1.278 kasus berbeda. Sebelum dimusnahkan, seluruh barang bukti dilakukan uji lab oleh tim forensik Mabes Polri untuk memastikan keasliannya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian, memaparkan, seluruh barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 637.085 butir pil ekstasi, 670 kilogram Sabu, 18,5 kilogram ganja, dan 2,5 kilogram ketamine.

“Seluruh barang bukti ini juga dipasok oleh jaringan Narkoba. Kebanyakan penginriman yang dilakukan oleh para pelaku melalui jalur laut. Kita masih terus kembangkan modus pengirimannya,” jelas Tito.

BACA :  Puluhan Sopir Angkot Gruduk Kantor Lippo Karawaci

Dari seluruh barang bukti yang merupakan hasil pengungkapan jajaran Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dan Polres, sebanyak 1.562 para pelaku jaringan Narkotika turut diamankan.

“Untuk kepentingan persidangan, kita sisihkan barang bukti sebelum seluruh barang bukti pada hari ini dimusnahkan,” terangnya.

Sementara itu, kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol. Budi Waseso, meminta kepada seluruh penegak hukum untuk tidak memberi ampun kepada mafia Narkoba. Hal tersebut agar menciptakan efek jera kepada para pelaku. Bahkan, mantan Kabareskrim Mabes Polri ini juga meminta agar para pelaku jaringan Narkoba ditembak di tempat.

“Kalao bisa para pelaku ditembak di tempat,” tegasnya. (Nda)



Terpopuler