Connect with us

WISATA

Jadi Sport Tourism Pertama di Dunia, “Bagan Race” Digelar di Festival Tanjung Lesung 2015

Published

on

Festival Tanjung Lesung 2015 akan digelar 30-31 Oktober 2015 mendatang. Yang menarik di festival ini,  akan ditampilkan perlombaan yang untuk pertama kalinya digelar di dunia. Lomba tersebut adalah ”Bagan Race,” yang akan menyusuri pantai di Kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Bagan, bagi masyarakat pesisir Banten selatan, adalah sesuatu yang tidak asing. Alat penangkap ikan yang pasif, terapung di laut dan mudah dilihat dari pesisir pantai. Kerangka bagan yang dapat ditumpangi sebanyak 20 orang penumpang tersebut, disiapkan Panitia Festival Tanjung Lesung 2015 sebanyak sepuluh unit bagan untuk diperlombakan.

“Para peserta lomba ‘Bagan Race’ adalah stakeholder kepariwisataan, termasuk masyarakat setempat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, M. Ali Fadilah, Minggu (17/10/2015).

BACA :  Libur Lebaran, Krakatau Country Club Dikunjungi Ribuan Orang per Hari

Ali mengatakan, ‘Bagan Race’ akan menjadi salah satu daya tarik dalam Festival Tanjung Lesung 2015. Pasalnya perlombaan semacam itu belum pernah dilakukan, dan dapat dikatakan sebagai yang pertama di dunia.

“Akan bertambah lagi satu warisan budaya Provinsi Banten yaitu Perahu Bagan,” tutur Ali sambil tersenyum.

Ali mengatakan, start ‘Bagan Race’ akan dilakukan di Pantai Kerang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan finish di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Tanjung Lesung.

Ada tiga kategori yang diperlombakan, yaitu pemenang dari sisi kecepatan mencapai finish, pemenang dari sisi dekorasi alias menghias bagan, dan terakhir pemenang dari keberhasilan membawa jumlah ikan ketika sampai di garis finish.(Rus)

BACA :  Layar-layar Harapan yang Berkembang di Pantai Serang

 



Terpopuler