Pemkot Cilegon Usulkan Rp4 Miliar untuk Fasilitas Tambahan Terminal Terpadu Merak

Date:

Banten Hits – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah mengusulkan anggaran sebesar Rp4 Miliar kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk pengadaan sarana dan fasilitas tambahan di Terminal Terpadu Merak (TTM).

“Ya, Dishub Cilegon telah mengajukan di APBN Tahun Anggaran 2016 untuk pengadaan fasilitas tambahan, seperti mechanical electrical, rambu, petunjuk arah. Kita sudah ajukan perhitungannya ke Kemenhub sekitar Rp4 Miliar,” kata Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Proyek Tahap III Rehabilitasi TTM, Rusdi Irawansyah, saat dikonnfirmasi, Jumat (23/10/2015), di Terminal Merak, Cilegon.

Rusdi mengatakan, besaran nilai pengajuan usulan fasilitas tambahan tersebut tidaklah mutlak seperti yang telah diusulkan. Pasalnya, akan ada juga usulan fasilitas lainnya yang juga dinilai pihak Kemenhub.

“Dari mereka (Kemenhub-red) juga ada hitungan kelengkapan yang lain, seperti rambu marka dan sebagainya, tambah juga ada penerangan keliling. Terus ada papan nama digital yang akan dipasang, bisa lebih dari yang kita usulkan,” bebernya.

Saat ini, proses pengerjaan proyek pembangunan Tahap III TTM sudah hampir rampung. Diperkirakan, seluruh pengerjaan akan selesai diakhir Desember 2015.

“Sekarang sudah masuk minggu ke sebelas setelah proyek berjalan, pekerjaaan sudah mencapai 59 persen. Rangka atap sudah kita pasang, pengerjaan kolom juga sudah 100 persen, kira-kira pekerjaan struktur sudah hampir semuanya selesai, tinggal pemasangan rangka atap saja dan pemasangan kacanya. Jadi, sebelum tahun baru sudah bisa selesai semua,” paparnya.

Sementara itu, Kadishub Cilegon, Dana Sujaksani, membenarkan ihwal usulan dana yang nantinya bersumber dari APBN 2016 untuk pengadaan fasilitas tambahan packa pelaksanaan proyek tahap III TTM dikerjakan.

Namun, Dana menjelaskan bahwa Pemkot Cilegon bukan tidak menganggarkan pengadaan kebutuhan tersebut melalui APBD. Menurutnya, dana dari APBN lebih didasari pemanfaatan dana dari pusat yang dapat dimanfaatkan untuk alokasi di daerah.

“Intinya, pusat ingin agar semua terminal di daerah bisa lebih baik. Bukan cuman TTM saja, tetapi semua terminal tipe A yang ada di Indonesia. Berapapun dana yang dibantu dari APBN nanti akan menunjang percepatan pelayanan di daerah,” katanya.

Lebih lanjut kata dia, kendati Dishub belum mengetahui persis besaran anggaran yang akan digunakan untuk pengadaan fasilitas tambahan, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menyisihkan dana dari APBD yang ada untuk beberapa fasilitas tambahan di terminal Merak.

“Kalau angkanya saya belum tahu, tetapi yang jelas apa yang belum terbangun lewat dana APBD, kita alihkan ke APBN, dan itu sedikit saja tambahannya sekitar Rp500 juta yang lebih besarnya dari APBN,” tutupnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...