Ketika Boneka Zebra Membawa Pesan Keselamatan untuk Pengendara

Date:

Warga yang melintas di Jalan Veteran, Kota Serang, Jumat (23/10/2015) sore, melambatkan laju kendaraannya ketika mendekati pertigaan alun-alun di depan sebuah pusat perbelanjaan, karena ada boneka zebra yang sedang berjalan-jalan dengan papan imbauan. 

Sang zebra yang berhasil mengusik perhatian pengendara ini, langsung menjadi “bulan-bulanan” bidikan kamera dari telepon genggam warga.

“Pengemudi yang bijak tidak melanggar lalu lintas,” begitu salah satu imbauan yang dibawa boneka Zebra. Sementara, imbauan lainnya berbunyi, “Sepeda motor nyalakan lampu utama pada siang hari” dan “Gunakan helm standard SNI dan sabuk keselamatan”.

Ya, itulah Operasi Zebra 2015 yang digelar secara simpatik oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Serang. Operasi Zebra 2015 digelar Polri secara serempak di seluruh wilayah Indonesia sejak 22 Oktober-4 November 2015 mendatang. Tujuannya,  untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mematuhi aturan lalu-lintas.

Kasat Lantas Polres Serang AKP Riki Crisma Wardana mengatakan, pihaknya ingin masyarakat mendapatkan pemahaman tentang aturan berlalu lintas dengan cara yang simpatik dan humanis.

“Setiap Polres boleh melakukan cara yang dianggap membantu proses transfer pemahaman berlalu-lintas kepada masing-masing masyarakat. Inilah cara yang kami ambil,” katanya kepada Banten Hits.

Dengan pendekatan yang simpatik itu, kata Riki, tidak hanya menarik perhatian warga yang sudah dewasa, melainkan anak-anak yang akan segera beranjak remaja. Dengan demikian, pesan keselamatan berkendaraan menjadi lebih mudah sampai kepada mereka.

Saat Banten Hits sedang melangsungkan wawancara dengan AKP Riki Crisma, seorang ibu yang sempat terlihat tiga kali melintas di tempat tersebut tiba-tiba mendekat.

“Maaf, Pak. Minta izin dong anaknya nangis ini minta foto (dengan boneka Zebra),” ujar ibu tersebut memohon.

Menanggapi permintaan ibu tersebut, AKP Riki Crisma langsung mengizinkannya. Si boneka zebra kemudian dengan hangat menggendong anak tersebut dan….jepret… momen penuh keakraban pun telah diabadikan. Si anak yang semula terus merengek kemudian berlalu dengan senyum yang mengembang…(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...