KLH Uji Emisi Ratusan Kendaraan di Ruas Jalan MH. Thamrin Cikokol

Date:

Banten Hits – Ratusan kendaraan roda empat yang menggunakan bahan bakar jenis premium dan solar menjalani uji emisi yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), di Jalan MH. Thamrin, Cikokol, Kota Tangerang, Selasa (27/10/15).

Uji emisi yang dilakukan KLH juga melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub), Polres Metro Tangerang, Dinas Kebersiahan Dan Pertamanan(DKP), dan unsur Mahasiswa Global.

Kendaraan yang melakukan uji emisi langsung dicatat kilometer. Petugas juga melakukan tes udara pada knalpot kendaraan dengan mengunakan alat techno Tes.

Kepala Sub Bidang Pemantauan Kualitas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, M. Dadang Basuhi, mengatakan, uji emisi merupakan agenda ruitin tahunan guna mengetahui kinerja pengelolaan kualitas udara perkotaan.

“Ada tiga kegiatan yang kita lakukan pada hari ini, diantaranya, pengukuran kualitas udara pinggir jalan, pengukuran volume kendaraan dan uji emisi. Uji emisi ini untuk mengukur lulus tidaknya kendaraan,” jelasnya.

Dadang mengatakan, bagi kendaraan yang lulus dalam uji emisi tersebut akan diberikan surat kelulusan dan dipasang stiker yang menyatakan bahwa kendaraan tersebut telah lulus uji emisi. Sementara, bagi kendaraan yang tidak lulus pihaknya juga memasang stiker yang menandakan kendaraan tersebut tidak lulus seraya memberikan peringatan kepada pemilij kendaraan agar merawat kendaraannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, faktor kualitas udara disebabkan oleh transportasi dan industri. Untuk itu, pihaknya mencanangkan satu Miliar pohon pada November 2015.

“Sudah 200 peserta dari berbagai stakeholder, termasuk TNI, Kepolisian, wuasta, BUMN, BUMD yang turut berpasrtisipasi untuk menghijaukan kota,” urainya.

Ia juga menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari salah satu penilaian Adipura yang dilakukan KLH.

“Ada tiga penilaian dalam Adipura, salah satunya kebersihan, udara,dan air. Kalai itu sudah masuk maka bisa disebut sebagai Kota Adipura,” pungkasnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...