BMKG Banten Imbau Nelayan dan Nakhoda Kapal Waspadai Kabut Asap

Date:

Banten Hits – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten mengimbau nelayan dan nakhoda kapal agar berhati-hati menjalani aktivitas pelayaran jika sewaktu-waktu kondisi udara diperairan selat sunda  mengalami penebalan kabut asap.

Visibility kabut asap di perairan Selat Sunda masih di atas 5 Km. Artinya, kondisi udara yang tercemar kabut asap di perairan Selat Sunda masih tergolong aman bagi nelayan dan nakhoda kapal yang melakukan aktivitas pelayaran,” kata Kepala Kantor BMKG Banten Parmin, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (27/10/2015).

Menurut Parmin, BMKG Banten tidak menutup kemungkinan akan memberikan peringatan jika sewaktu-waktu terjadi penebalan kabut asap.

“Memang sedikit berpengaruh jika konsentrasi pada asap tersebut meningkat, namun pada kenyataannya di Banten saat ini ketebalan kabut asap yang terjadi dalam kondisi tipis. Faktor yang mempengaruhi penebalan kabut asap yakni arah mata angin jika terdapat penebalan dengan intensitas arah mata angin rendah, besar kemungkinan kabut asap hilang dengan jangka waktu yang lama,” terangnya.

BMKG Banten, lanjut Parmin, saat ini terus melakukan pemantauan kondisi udara secara rutin melalui satelit untuk mengetahui ketebalan kabut asap di perairan Selat Sunda.

“Jika penebalan kabut asap terjadi, kita akan terus melakukan pemantauan setiap menit pergerakan penebalan kabut asap melalui satelit dan dengan sendiringa BMKG akan memberikan peringatan kepada masyarakat,” jelasnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...