Bentuk Pelopor Penataan Ruang Daerah, Ini Harapan DBMTR Banten kepada Generasi Muda

Date:

Banten Hits – Guna menanamkan kecintaan terhadap penataan ruang, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Banten membentuk pelopor penataan ruang daerah. Pembentukan pelopor penataan ruang yang berasal dari kalangan pelajar tersebut bertemakan ‘Tanah untuk Ruang Hidup yang Menentramkan dan Memakmurkan.

Edo, panitia pelaksana sosialisasi dan pembentukan pelopor penataan ruang, Kamis (29/10/2015), mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak kemarin tersebut lebih memfokuskan kepada pribadi masing-masing siswa untuk bisa mencintai penataan ruang di lingkungan sekitarnya.

“Kecintaan kepada penataan ruang harus diberikan sejak muda. Kita harapkan setelah mengikuti kegiatan ini mereka juga bisa menularkan kecintaan tersebut kepada teman-temannya,” katanya.

Selain beberapa materi, kegiatan yang diikuti oleh perwakilan pelajar dari 25 sekolah SMA/SMK di Kabupaten/Kota di Banten yang diselenggarakan di Hotek Mabruk Anyer ini juga diisi berbagai game building yang bertujuan menambah kekompakan tim peserta yang akan dinilai oleh juri.

“Masing-masing sekolah diwakili oleh 3 orang siswa dan 1 pembimbingnya. Pemenang dari lomba ini kemudian akan dikirim untuk mewakili tingkat nasional 7 November 2015 di Jakarta,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kasi Pengendalian Pemanfaatan Ruang DBMTR Banten, Irfan Kurniawan, menambahkan, di tingkat nasional pendalaman materi akan lebih banyak dan lebih ketat.
 
“Kita berharap, mereka mampu untuk membangun kesadaran masyarakat di sekitarnya agar lebih peduli lingkungan yang terancam dari penggunaan tata ruang yang asal-asalan,” harapnya.

Menurutnya, penataan tata ruang mutlak dilakukan dalam penataan infrastruktur serta menyiapkan pengendalian dan pemanfaatan sesuai denga Permen Nomor 68 Tahun 2010. Kata dia, dibutuhkan keterlibatan semua elemen masyarakat mulai dari pemanfaatan dan perencanaan.

“Semoga ilmu yang sudah didapat bisa ditularkan kepada keluarga, teman-temannya agar menciptakan tata ruang lingkungan yang ramah lingkungan,” pintanya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...