Connect with us

METROPOLITAN

Museum Banten Diresmikan, di Dalamnya Pamerkan Produk Kebudayaan Banten

Published

on

Banten Hits – Terhitung esok hari, Jumat (30/10/2015), warga Banten sudah bisa melihat-lihat benda-benda bersejarah dan produk kebudayaan khas Banten di masa lalu. Pasalnya, Gubernur Banten Rano Karno, Kamis (29/10), telah resmi membuka musem Banten untuk umum. Peresmian museum oleh Rano ditandai dengan pemotongan untaian bunga dan penandatanganan prasasti.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten, Ali Fadilah, usai peresmian kepada Banten Hits, mengatakan, museum tersebut berada dalam naungan Balai Budaya Banten yang merupakan unit pelaksana teknis (UPTD) Dinas dengan dasar Peraturan Gubernur (Pergub) Banten No 12 Tahun 2012.

Terkait dengan legalitas museum, Ali menjelaskan jika penyelenggaraannya dikelompokan ke dalam pembangunan bidang kebudayaan dengan berpedoman pada Undang-undang No 12 Tahun 2008.

BACA :  Kadin Lebak Silaturahmi dengan Warga, Ratusan Anak Yatim Dapat Santunan

“Museum Banten akan mengemban misi yang sangat penting. Selain sebagai lembaga hasil budaya materi, museum Banten juga sekaligus tempat belajar, menggali ilmu pengetahuan, bahkan refleksi pembentukan karakter bangsa,” papar Ali dengan wajah yang berseri-seri.

Diketahui, Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten juga bekerjasama dengan beberapa Provinsi lain di Indonesia yang juga memamerkan produk kultural dari wilayah masing-masing. (Nda)



Terpopuler