Connect with us

METROPOLITAN

10 Kecamatan di Kabupaten Serang Punya Serapan Raskin Rendah

Published

on

Banten Hits – Sepuluh Kecamatan di Kabupaten Serang tercatat mempunyai penyerapan raskin di bawah 80 persen. Sepuluh Kecamatan tersebut diantaranya,  Kecamatan Bojonegara 59 persen, Waringin Kurung 69 persen, Ciruas 69 persen, Kibin 65 persen, Gunung Sari 63 persen, Kramatwatu 70 persen, Tirtayasa 68 persen, Pontang 59 persen, Anyer 73 persen, dan Kecamatan Pabuaran 73 persen.

Kasi Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Serang, Haerul, mengatakan, terjadinya kekerangan yang mengakibatkan banyak yang mengalami gagal panen seharusnya tidak membuat penyerpan rastra rendah.

“Karena tidak terserap ya kami simpan, tapi ini akan menjadi problem yang merugikan Bulog. Padahal di Kabupaten Serang banyak yang gagal panen, jadi aneh kalau ada Desa yang enggak nyerap,” kata Haerul kemarin.

BACA :  Desa Sangiangjaya Lebak HUT ke-33, Warga Diminta Tingkatkan Kepedulian

Menurutnya, bagus dan tidaknya penyerapan beras akan bergantung pada Pemerintah Desa. Pihaknya mengaku, sudah melakukan berbagai upaya agar penyerapan raskin mencapai 100 persen.

“Kuncinya di Desa, kami sudah SMS, telepon, monitoring, kirim surat dan berkoordinasi dengan Pemkab,” ucapnya. 

Ia memahami jika masyarakat menyalahkan Bulog jika ada keterlambatan penyaluran lantaran dianggap ketidaktahuan mekanisme.

“Begini prosedurnya, Kepala Desa mengajukan bantuan pengiriman raskin ke Kecamatan lalu ke Kabupaten yang kemudian diteruskan kepada Bulog untuk menyalurkan raskin ke Desa,” jelasnya.

Ia mengharapkan, penyerapan raskin ke depan bisa mencapai 100 persen. Selain itu, ia juga mewant-wanti agar jangan sampai terjadi kesalahan data yang diterima dari BPS yang tidak sesuai dengan data di lapangan. 

BACA :  Dindik Kota Tangerang Cek Kesiapan Sekolah Laksanakan UNBK

“Seperti yang sudah-sudah, lebih banyak orang yang tidak mampu justru tidak kebagian raskin karena kesalahan pendataan. Karena ada juga kejadian karena Kades ingin membagi raskin sesuai data malah akhirnya enggak kebagian,” pungkasnya. (Nda)



Terpopuler