Ada Kwitansi Ini, PT Panca Karya Griyatama Masih Sangkal Kelola Pasar Babakan

Date:

Banten Hits – PT Panca Karya Griyatama menyangkal menjadi pengelola Pasar Babakan, Cikokol Kota Tangerang yang telah beroperasi sejak 2007 silam. Penyangkalan disampaikan pihak PT Panca Karya Griyatama menyusul rencana pemanggilan manajemen oleh DPRD Kota Tangerang.

(BACA : DPRD Kota Tangerang Gagal Panggil Manajemen PT Pancakarya Griyatama)

Norman Eka Saputra, salah seorang direksi di PT Panca Karya Griyatama kepada Banten Hits, Rabu (4/11/2015) mengatakan, pihaknya tidak pernah mengetahui siapa pengelola Pasar Babakan yang berdiri di lahan aset milik Kementerian Hukum dan HAM ini.

Eka–begitu pria ini biasa disapa–bahkan sesumbar tak ada aliran dana sedikitpun mengalir ke PT Panca Karya Griyatama dari pengelolaan Pasar Babakan.

“Silakan telusuri. Tak ada aliran duit secuil pun ke PT Panca Karya Griyatama (dari Pasar Babakan),” kata Eka lewat sambungan telepon, sembari menyarankan supaya Banten Hits menghubungi direksi lainnya, Yogi Yogaswara yang dianggap lebih mengetahui.

Berdasarkan dokumen yang Banten Hits peroleh, diantaranya kwitansi pembelian kios di Pasar Babakan, diketahui PT Panca Karya Griyatama merupakan pihak yang menjual kios di Pasar Babakan.

Seperti diberitakan sebelumnmya, Pasar Babakan Kota Tangerang masih dikelola oleh pihak swasta sejak lebih dari 5 tahun lalu, persisnya semenjak berdirinya pusat perbelanjaan Tangerang City Mal. 

“Pasar Babakan yang mengelola bukan PD, tapi PT Panca Karya,” ungkap Plt. Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (07/04/2015).

(BACA : Sudah Lima Tahun, Pasar Babakan Dikelola PT Panca Karya)

Pedagang Pasar Babakan mengeluhkan tingginya harga sewa lapak, los dan kios. Mereka dipatok berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu per bulan. Belum lagi mereka harus membayar salaran kebersihan dan keamanan sebesar Rp 10 ribu per hari. 

(BACA : Pedagang Pasar Babakan Keluhkan Tingginya Harga Sewa Lapak)

Tak hanya pedagang, warga yang biasa berbelanja ke Pasar Babakan juga mempertanyakan soal retribusi parkir yang dipungut setiap kali masuk pasar. Besarannya mencapai Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu. 

(BACA : Sekali Masuk Pasar Babakan, Warga Ditarik Parkir Rp 2 Ribu hingga Rp 4 Ribu). 

Ketua Komisi III DPRD Kota Tangerang Solihin mengatakan, selain akan meminta penjelasan soal berbagai retribusi yang diduga tak dibayarkan PT Panca Karya Griyatama, DPRD juga akan meminta penjelasan soal legalitas pengelolaan Pasar Babakan.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...