Connect with us

METROPOLITAN

Ada Kwitansi Ini, PT Panca Karya Griyatama Masih Sangkal Kelola Pasar Babakan

Published

on

Banten Hits – PT Panca Karya Griyatama menyangkal menjadi pengelola Pasar Babakan, Cikokol Kota Tangerang yang telah beroperasi sejak 2007 silam. Penyangkalan disampaikan pihak PT Panca Karya Griyatama menyusul rencana pemanggilan manajemen oleh DPRD Kota Tangerang.

(BACA : DPRD Kota Tangerang Gagal Panggil Manajemen PT Pancakarya Griyatama)

Norman Eka Saputra, salah seorang direksi di PT Panca Karya Griyatama kepada Banten Hits, Rabu (4/11/2015) mengatakan, pihaknya tidak pernah mengetahui siapa pengelola Pasar Babakan yang berdiri di lahan aset milik Kementerian Hukum dan HAM ini.

Eka–begitu pria ini biasa disapa–bahkan sesumbar tak ada aliran dana sedikitpun mengalir ke PT Panca Karya Griyatama dari pengelolaan Pasar Babakan.

BACA :  20 Tahun Menapaki Tangga Prestasi

“Silakan telusuri. Tak ada aliran duit secuil pun ke PT Panca Karya Griyatama (dari Pasar Babakan),” kata Eka lewat sambungan telepon, sembari menyarankan supaya Banten Hits menghubungi direksi lainnya, Yogi Yogaswara yang dianggap lebih mengetahui.

Berdasarkan dokumen yang Banten Hits peroleh, diantaranya kwitansi pembelian kios di Pasar Babakan, diketahui PT Panca Karya Griyatama merupakan pihak yang menjual kios di Pasar Babakan.

Seperti diberitakan sebelumnmya, Pasar Babakan Kota Tangerang masih dikelola oleh pihak swasta sejak lebih dari 5 tahun lalu, persisnya semenjak berdirinya pusat perbelanjaan Tangerang City Mal. 

“Pasar Babakan yang mengelola bukan PD, tapi PT Panca Karya,” ungkap Plt. Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (07/04/2015).

BACA :  Indonesia Kirim Tim DVI Bantu Identifikasi Korban Insiden Mina

(BACA : Sudah Lima Tahun, Pasar Babakan Dikelola PT Panca Karya)

Pedagang Pasar Babakan mengeluhkan tingginya harga sewa lapak, los dan kios. Mereka dipatok berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu per bulan. Belum lagi mereka harus membayar salaran kebersihan dan keamanan sebesar Rp 10 ribu per hari. 

(BACA : Pedagang Pasar Babakan Keluhkan Tingginya Harga Sewa Lapak)

Tak hanya pedagang, warga yang biasa berbelanja ke Pasar Babakan juga mempertanyakan soal retribusi parkir yang dipungut setiap kali masuk pasar. Besarannya mencapai Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu. 

(BACA : Sekali Masuk Pasar Babakan, Warga Ditarik Parkir Rp 2 Ribu hingga Rp 4 Ribu). 

Ketua Komisi III DPRD Kota Tangerang Solihin mengatakan, selain akan meminta penjelasan soal berbagai retribusi yang diduga tak dibayarkan PT Panca Karya Griyatama, DPRD juga akan meminta penjelasan soal legalitas pengelolaan Pasar Babakan.(Rus)

BACA :  Soal Vaksin Palsu, Komisi II DPRD Kota Tangerang Temui Dinkes Banten



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler