Pemkab Lebak Siapkan Rp1,2 Miliar untuk MTQ ke-34

Date:

Banten Hits – Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak, menyiapkan anggaran sebesar Rp.1,2 Miliar dari APBD-Perubahan 2015 untuk suksesi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-34 tingkat Kabupaten Lebak yang akan berlangsung di Kecamatan Curug Bitung, 22-26 November 2015.

“Ya, untuk pelaksanaan MTQ ke-34 Pemkab menyiapkan Rp.1,2 Miliar. Anggaran tersebut untuk seluruh kebutuhan jalannya MTQ, termasuk infrastruktur jalan,” kata Pelaksana Harian MTQ, Tajudin Yamin, Jumat (6/11/2015).

Tak hanya menyiapkan anggaran Rp1,2 Miliar, Tajudin mengungkapkan Pemkab juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp600 juta yang akan diberikan sebagai kadeudeuh kepada para Qori/Qoriah asal Lebak yang menang dalam MTQ ke 12 tingkat Provinsi Banten yang diselenggarakan di Lebak 17-21 Maret 2015.

“Uang itu sebagai kadedeuh kepada 16 orang peserta asal Lebak yang kemarin di MTQ tingkat Provinsi menjadi juara,” ucapnya.

Terkait dengan persiapan MTQ Kabupaten, Tajudin yang juga menjabat sebagai Asda IV mengaku, sejumlah pembangunan fisik pendukung MTQ sudah mulai berjalan, seperti perbaikan jalan dan lampu penerangan di sekitar lokasi pelaksanaan.

“Untuk jalan, sekitar 700 meter yang dicor dan kalau tidak salah sekitar 5 kilo meter yang dihot mix. Untuk penerangan jalan, saat ini dalam tahap pengiriman material ke lokasi pemasangan. Tapi lebih dari itu, MTQ juga diharapkan masyarakat membawa perubahan, motivasi untuk belajar membaca dan memahami isi dan kandungan Al-Qur’an,” jelasnya.

Kata dia, ada 9 cabang lomba dengan 26 golongan yang akan diikuti 1.230 Qori/Qoriah dari 28 Kafilah/Kecamatan. Untuk menilai setiap perlombaan, ada 125 Dewan Hakim dan 25 panitera.

“Kita sudah petakan semuanya, termasuk untuk penginapan para Dewan Hakim. Kita harapkan, semua kafilah bisa mengikuti semua cabang lomba,” tambahnya.

Terkait dengan MTQ ke 13 tingkat Provinsi Banten yang digelar di Kota Serang sekitar bulan Maret, Tajudin mengaku, para Qori/Qoriah yang keluar sebagai juara pada MTQ tingkat Kabupaten akan mulai dibina oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) pada Januari 2016. Keluar sebagai juara ketiga pada MTQ Provinsi diharapkan menjadi motivasi bagi Qori Lebak untuk meningkat kemampuannya untuk mengikuti MTQ Provinsi.

“Tentu ini jadi target pembinaan LPTQ yang harapan kami LPTQ bisa terus mengasah kemampuan mereka (Qori-red). Kami tentu berharap, di Provinsi peringkat kita bisa naik dari MTQ Provinsi tahun lalu,” harapnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...