12 Ribu Pemilih Pemula di Pilkada Tangsel Diharapkan Gunakan Hak Pilih

Date:

Banten Hits – Sebanyak 12 ribu yang masuk dalam kategori pemilih pemula dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diharapkan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember nanti.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menilai, para pemilih pemula tersebut memang perlu diberikan pemahaman yang lebih masif. Pasalnya, para pemilih pemula memiliki kecendrungan lebih cuek untuk terlibat aktif, terutama dalam menyalurkan hak pilihnya di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Ini jadi tugas kita bersama mengajak dan mensosialisasi para pemuda yang masuk kategori pemilih pemula untuk bisa aktif datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,” kata Ketua KPU Tangsel, Moh Subhan di sela-sela diskusi sosialisasi Pilkada kepada pemilih pemula, di Kecamatan Ciputat, Rabu (11/11/2015).

Tak hanya diajak untuk aktif dalam menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada, para pemilih pemula juga sudah seharusnya diberi pendidikan politik. Hal tersebut agar tidak hanya mengetahui ada hajat demokrasi namun mempunyai pandangan tentang betapa pentingnya memberikan sikap politik.

“Jadi tidak cuma tau kalau hari ini ada Pilkada, mereka juga harus diberikan pendidikan politik dan memahami pentingnya memberikan sikap politik serta mampu mempelajari calon pemimpin yang akan memimpinnyam,” terang dipimpinnya,” terang dosen FISIP dari UIN Syarif Hidyatullah Jakarta, Gevarina Djohan.

Namun kata Djohan, hal itu membutuhkan peran seluruh partai politik (parpol) dan aktifitasi dari masing-masing pasangan calon (paslon) untuk mengajak para pemilih pemula tersebut.

“Parpol dan paslon juga punya peran penting untuk mengajak para pemilih pemula ini,” pungkasnya.

Diharapkan, dari diskusi yang digelar KNPI Kecamatan Ciputat bekerja sama dengan KPU dan sejumlah akademisi yang juga diikuti oleh mahasiswa dan pelajar tersebut, para pemilih muda di Tangsel akan datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya dan menolak golput. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tok! KPU Tetapkan Airin-Benyamin Pemenang Pilkada Tangsel

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

KPU Tangsel Siap Hadapi Sidang Gugatan Pilkada di MK

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan...

Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Tangsel, Ini Hasil Lengkapnya

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

Pleno KPU Tangsel Akan Banyak Dihujani Interupsi?

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...