DKPP Adili Panwaslu Tangsel, Empat Pelanggaran Ini Terungkap

Date:

Banten Hits – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah menyidangkan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan seluruh komisioner Panwaslu Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (10/11/2015). Selain dihadiri tiga komisioner sebagai teradu, turut hadir dalam sidang beberapa staf Panwaslu Tangsel yang juga ikut sebagai pihak yang diduga melakukan pelanggaran kode etik penyelenggaraan pemilu.

Satgas Lawan Politik Uang (Sapu) Tangsel yang menjadi pengadu dalam sidang tersebut, melalui siaran pers menyebutkan empat fakta terungkap selama persidangan itu, yakni:

1. Panwaslu Kota Tangsel dalam membuat keputusan terhadap laporan–laporan Sapu Tangsel tidak taat pada aturan sebagaimana mestinya dengan tidak melakukan pemanggilan kepada saksi-saksi. 

2. Panwaslu Tangsel telah menghilangkan (menggelapkan) alat bukti yang menjadi kunci laporan Sapu Tangsel berupa bukti rekaman suara percakapan telepon.

3. Panwaslu Tangsel telah melibatkan orang luar (menyusupkan) orang yang bukan pegawai atau staf Panwaslu Tangsel dalam menerima dan atau ikut hadir di ruangan pada saat kami membuat laporan. Keterlibatan orang (penyusup) tersebut diketahui bahkan direstui oleh komisioner Panwaslu Tangsel sendiri. Terkait ini, Ketua Bawaslu Banten mengatakan Panwaslu Tangsel tidak steril karena dapat disusupi.

4. Panwaslu Tangsel tidak melibatkan Gakumdu dalam pengambilan keputusan tindak pidana pemilu (money politic), tidak melakukan pemanggilan saksi kunci yang dapat memperkuat laporan Sapu Tangsel, tidak memfungsionalkan petugas penerimaan laporan yang sebenarnya pada saat menerima laporan.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Laporan Pelanggaran di Pilkada Tangsel Tertinggi

Banten Hits - Pilkada serentak tahun 2015 telah selesai....

Panwas Tangsel Akan Tindak Tegas Pasangan yang Masih Berkampaye di Masa Tenang

Banten Hits - Panitia Pengawas Pilkada (Panwasda) Kota Tangerang...

Nanti Malam Debat Kandidat, Nobar di Panwaslu Tangsel Yuk!

Banten Hits - Debat kandidat wali kota dan wakil...

DKPP Putuskan Tiga Komisioner Panwaslu Tangsel Terbukti Melanggar Etika

Banten Hits - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan...