Connect with us

METROPOLITAN

Dievaluasi, KTP Jilid IV Diminta Miliki Jejaring PIW Lebih Baik

Published

on

Banten Hits – Langkah Komisi Transparansi dan Partisipasi (KTP) Kabupaten Lebak Jilid IV yang tengah melakukan evaluasi terhadap 28 Pusat Informasi Warga (PIW) yang ada di setiap Kecamatan dinilai merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, sebagai informan untuk menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan dengan KTP di tingkat Kecamatan, upaya upgrading terhadap PIW memang perlu dilakukan.

“Kalau memang bertujuan baik, sah-sah saja KTP sekarang mau melakukan evaluasi terhadap teman-teman PIW, karena memang harus ada upaya upgrading baik secara kemampuan personal maupun kelembagaan PIWnya,” kata mantan Sekretaris KTP Lebak Jilid III, Moch Hudri kepada Banten Hits, Sabtu (14/11/2015).

Namun Hudri menyarankan, agar KTP di periode sekarang tidak hanya melakukan proses penjaringan PIW sebatas formalitas. KTP kata dia, harus benar- memiliki jejaring PIW yang lebih baik.

BACA :  Tendang Bola di Pesta Rakyat Cibaliung, Bupati Irna Sebut Ajang Peningkatan Ekonomi Masyarakat

“Bukan berarti pada KTP periode sebelumnya tidak berupaya membuat jejaring PIW lebih baik, tapi kita harapkan periode sekarang bisa menjaring yang lebih baik lagi,” pintanya.

Menurutnya, dengan evaluasi yang dilakukan terhadap PIW, kedepan diharapkan kemampuan personal dan kelembagaan PIW bisa benar-benar maksimal dalam menjalankan perannya dan segala kebijakan yang berkaitan dengan transparansi dan partisipasi di tingkat Kecamatan bisa langsung dikonsultasikan dengan KTP.

“Makanya yang saya tadi saya bilang, KTP harus benar-benar memilik jejaring PIW yang jauh lebih baik kalau sekarang sedang dievaluasi,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan keberadaan kotak pengaduan KTP yang terpasang di Kecamatan yang juga akan ditinjau ulang oleh KTP periode sekarang, Hudri menyarankan agar kotak pengaduan sebaiknya dicabut, dan diganti dengan media lain yang lebih memudahkan masyarakat untuk mengadukan permasalahan yang berkaitan dengan transparansi dan partisipasi.

BACA :  Penumpang Stasiun Rangkasbitung Naik Jadi 25-35 Ribu Orang

“Saya lebih menyarankan memang itu diganti dengan media lain, bisa melalui SMS, email, atau website dan ini akan jauh lebih efektif, mudan dan bisa cepat direspon oleh kawan-kawan KTP. Tapi, kalau memang mau dipertahankan di tengah teknologi yang semakin maju ya silahkan, tinggal bagaimana nanti PIW dibuat lebih aktif termasuk juga pihak Kecamatannya terhadap keberadaan kotak itu,” paparnya. (Nda)



Terpopuler