Jumlah SD dengan SMA di Pandeglang Tak Sebanding

Date:

Banten Hits – Jumlah Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pandeglang yang mencapai 1.039 sekolah, belum  sebanding dengan jumlah SMP yang berkisar 288 sekolah dan SMA/ SMK yang berjumlah sekitar 121 sekolah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pandeglang Mohammad Amri, banyak siswa yang kesulitan melanjutkan ke jenjang SMA/SMK karena jumlah sekolahnya yang terbatas, sehingga daya tampung tidak memadai. 

Amri mengklaim, sistem pendidikan SD sampai SMP di Kabupaten Pandeglang telah berjalan dengan baik, sehingga banyak siswa yang melanjutkan ke pondok pesantren.

“Mereka tidak putus sekolah. Karena sebagian ada juga yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang pondok pesantren. Hanya saja Dindikbud belum mencatat secara rinci jumlah siswa yang melanjutkan ke pondok pesantren,” terang Amri kepada Banten Hits, Rabu (18/11/2015).

Amri mengungkapkan,  angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Pandeglang masih rendah. Tercatat, saat ini lama sekolah di Pandeglang hanya di kisaran angka 6-7 tahun. Padahal, sejumlah kabupaten atau kota di Provinsi Banten, mayoritas angka lama sekolah telah di atas angka 7 tahun.

“Rendahnya angka lama sekolah dilatarbelakangi oleh sarana pendidikan yang masih minim. Banyak siswa yang tidak tertampung pada jenjang yang lebih tinggi,” paparnya.

Kata Amri, selain rendahnya angka lama sekolah, hal lain yang turut memengaruhi adalah minimnya motivasi orangtua untuk menyekolahkan anaknya. Sebagian besar orang tua di wilayah Pandeglang Selatan, cenderung mengarahkan anaknya untuk langsung bekerja usai kelulusan ketimbang sekolah.

“Di daerah selatan motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya masih rendah. Orang tua cenderung mengarahkan anaknya untuk langsung bekerja usai sekolah di SD atau pun SMP,” jelasnya.

Untuk itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang terus berupaya untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah, salah satunya melalui Standar Pelayanan Minimum (SPM).

“Rencananya Pemkab akan memfokuskan penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) bagi puluhan SMA/SMK di Pandeglang,” ucap Amri.(Rus)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...