Hadapi MEA dan KEK, Pemkab Pandeglang Diminta Perbanyak Lembaga Ketrampilan

Date:

Banten Hits – Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang diminta perbanyak lembaga/kursus ketrampilan. Selain itu, Pemkab melalui Dinas Pendidikan diharapakan memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi bekal anak-anak.

 

“Pemkab harus memperbanyak kursus-kursus keterampilan agar SDM kita bisa bersaing dengan tenaga kerja asing yang akan masuk ke Pandeglang. Ini yang paling realitas yang harus dilakukan, mengingat sebentar kita akan menghadapi MEA dan KEK,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang, Encep Mahfud kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, pembentukan lembaga kursus bisa dilakukan sebagai upaya meningkatkan keterampilan masyarakat, mengingat masyarakat Pandeglang yang sebagian besar tidak mengenyam pendidikan tinggi.

“Tanpa mempertimbangkan keterampilan kita khawatir masyarakat akan tergerus oleh arus SDM yang berasal dari luar Pandeglang, seperti keterampilan bahasa dan yang lainnya yang memang perlu ditingkatkan,” jelasnya.

Encep mengaku, dengan kondisi anggaran di Pemkab Pandeglang yang minim di bidang pendidikan akan sulit jika harus membuat regulasi yang menggratiskan biaya sekolah. Namun, untuk menanggulangi keterbatasan tersebut bisa dilakukan dengan meningkatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari setiap perusahaan, tujuannya memberi porsi bantuan lebih dalam bidang pendidikan.

“Kita masih terkendala dengan anggaran, jadi upayan lainnya kita bisa dorong keberpihakan dari perusahaan yang ada di Pandeglang,” pungkasnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...