78 Mahasiswa IAIN SMH Banten Ikuti MAPABA PMII

Date:

Banten Hits – Sebanyak 78 mahasiswa IAIN SMH Banten mengikuti pelatihan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) PMII IAIN Serang yang digelar tiga hari dari Jumat-Minggu (27-29/11/2015) di Sekretariat PC NU Kabupaten Serang, Jalan Letnan Jidun, No 9, Kepandean, Kota Serang.

Ketua Pelaksana MAPABA PMII IAIN Serang Juwita (19) mengatakan, penyelenggara kegiatan adalah Pengurus Rayon Keguruan PMII Komisariat IAIN Serang. MAPABA PMII IAIN Serang ini diharapkan menumbuhkan jiwa mahasiswa yang responsif.

Menurut Juwita, 78 peserta MAPABA ini terdiri dari 34 cewek dan 44 cowok dari empat fakultas, yaitu Fakultas Syariah, Ushuludin, Tarbiah, dan Ekonomi Bisnis Islam.

“Ke depannya diharapkan (para peserta) mampu menjadi kader PMII yang berkualitas, aktif, inovatif, dan bertanggungjawab, baik terhadap organisasi, maupun diri sendiri,” kata Juwita.

Juwita menjelaskan, rangkaian MAPABA ini dimulai di Masjid Al Hikmat IAIN SMH Banten, sebagai tempat kumpul dan pembukaan. Setelah peserta salat Jumat, mereka diberangkatkan ke Sekretariat PCNU Kabupaten Serang. 

“Mereka mendapatkan materi tentang ke-PMII-an, keaswajaan, NDP, pedoman penyelenggara tata tertib administrasi (PPTA), Islam Indonesia, gender, manajemen aksi, tehnik persidangan, manajemen organisasi kepemimpinan (MOK) yang narasumbernya dari tingkatan komisariat dan cabang,” jelasnya.

Ketua Komisariat PMII IAIN Serang Abdul Muhid Hariri mengatakan, MAPABA PMII tahun ini lebih banyak peminatnya. Peserta MAPABA berasal dari NU baik dari struktur maupun kultur.

“Jadi PMII akan mudah masuk ke kampus dengan tujuan menampung orang-orang yang berbasis Sunnah Waljamaah. Organisasi ini juga banyak peminatnya dan secara otomatis masuk NU juga rata-rata santri. Karena hanya orang-orang NU yang diterima bergabung di PMII,” kata Abdul Muhid Hariri.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...