Kiprah Percasi Kota Tangerang; Mengajarkan Strategi dan Melakukan Regenerasi

Date:

Banten Hits – Olahraga catur merupakan olahraga yang menarik. Di sini diajarkan tentang menggunakan strategi-strategi. Karenanya, mereka yang tertarik dengan olahraga ini umumnya pemikir dan orang-orang yang ulet.

Di Kota Tangerang, para atlet catur yang terhimpun dalam Persatuan Catur Republik Indonesia (Percasi) Kota Tangerang, selain terus meningkatkan kemampuan atlet, juga gencar melakukan rekrutmen supaya regenerasi atlet bisa terus berlangsung.

Sekretaris Percasi Kota Tangerang, Samuel (50) mengatakan, atlet catur dituntut untuk memiliki strategi-strategi untuk menyerang dan bertahan. Karenanya, Percasi Kota Tangerang, terus menggembeleng atletnya dalam hal teknik supaya menjadi pemain catur profesional.

“Di sini kami mendidik anggota dalam hal strategi-strategi dalam permainan catur. Hingga akhirnya beberapa pemain catur diseleksi untuk ikut dalam turnamen-turnamen catur,” katanya.

Supaya kemampuan atlet terus teruji, Percasi Kota Tangerang juga gencar menggelar sejumlah turnamen catur di wilayah Kota Tangerang. Yang terkini adalah kegiatan turnamen catur dalam rangka pekan olahraga kota (Porkot) Tangerang ke-V yang diikuti sembilan kecamatan di Bale Kota Mall Tangerang.

Selain itu, Percasi Kota Tangerang juga telah menyiapkan turnamen untuk para veteran dan anak muda di Kota Tangerang pada Desember 2015 ini.

Hal penting lainnya yang terus dilakukan Percasi Kota Tangerang adalah melakukan rekrutmen untuk mencari bibit-bibit catur supaya proses regenerasi atlet terus berlangsung. Untuk program yang satu ini, kata Samuel, pihaknya masuk ke sekolah-sekolah di Kota Tangerang untuk mencari  siswa yang mengikuti kegiatan ekstra kulikuler (ekskul) catur. 

Melalui program itu, Percasi Kota Tangerang berharap dapat menemukan bibit-bibit baru yang unggul dalam bidang olahraga catur.

Samuel menjelaskan, permainan catur banyak tipenya. Tidak hanya pertarungan dua orang dalam satu papan catur, melainkan juga permainan ini bisa dilakukan beberapa orang lawan satu, atau biasa disebut pertandingan simultan. Ada juga permainan catur buta, yaitu pertandingan yang salah satu pemainnya tidak melihat papan caturnya, melainkan hanya mendengar kode dari papan caturnya saja.

“Ada banyak pertandingan dalam catur, seperti pertandingan cepat, klasik, simultan, maupun pertandingan catur buta,” terang Samuel.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti kegiatan Percasi Kota Tangerang, Anda bisa datang ke sekretariat Percasi Kota Tangerang di Jalan Daan Mogot, No 68, Gedung Nyi Mas Melati Kota Tangerang. Pendaftaran dibuka untuk semua usia.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...

Gelandang dan Kiper Andalan Persib Kompak Sebut Laga Versus Persita Pertandingan Berat

Berita Persib - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok dan...

Hadapi Pendekar Cisadane, Maung Bandung Diprediksi tanpa Beckham dan Beltrame

Berita Persib - Pelatih Persib, Bojan Hodak dan Pelatih...