Connect with us

METROPOLITAN

Satlantas Polres Metro Tangerang Gelar Razia, Pintu Angkot harus Tertutup dan Tak Berkaca Gelap

Published

on

Banten Hits – Satlantas Polres Metro Tangerang menggelar razia angkutan kota (angkot) yang memasang kaca gelap, yakni kaca yang dilapisi lebih dari 40 persen. Razia dilakukan di Terminal Cimone, Kota Tangerang, Senin (30/11/2015).

Wartawan Banten Hits Hendra Wibisana melaporkan, razia tersebut dalam rangka menegakkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Tata Tertib Berlalu lintas. Razia ini melibatkan institusi lain seperti Dishub Kota Tangerang dan Polisi Militer Tangerang. Petugas mencopot semua kaca film yang lebih dari 40 persen dari angkot di Terminal Cimone.

Meski ada sejumlah sopir angkot yang menolak untuk mencopot kaca film yang mereka pasang di angkotnya, petugas tetap melakukan pencopotan tanpa pandang bulu.

BACA :  Gerakan Peduli Pandeglang Siap Fasilitasi Janda Tua yang Tinggal di Gubuk Reyot

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kompol Donny Eka Saputra mengatakan, dalam razia gabungan ini yang pertama disosialisasikan adalah penuntupan pintu mobil angkutan umum sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (LAJR).

“Dalam perturan itu, di mana setiap angkutan umum wajib menutup pintu angkutan. (Hal itu) yang sekarang kita sosilaisaikan terhadap sopir angkutan umum, supaya para penumpang pun aman dalam perjalanan dan tindak kejahatan,” ungkapnya.

Soal penertiban kaca gelap angkutan, kata Donny, penting dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di dalam angkutan umum. Kaca yang masuk kategori gelap adalah kaca yang dapat menghambat padangan orang dari luar angkutan.

BACA :  Polisi Jamin Pelaku Usaha Aman Berinvestasi di Pandeglang

“Ini juga mengantisipaasi tindak kejahatan. Seperti kita ketahui, banyak kejadian dalam angkutan umum. Oleh karena itu, kita lakukan penertiban bersama pihak terkait seperti Dishub Kota Tangerang, Organda, dan Polisi Militer,” jelasnya.

Donny berharap, melalui razia ini seluruh angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kota Tangerang bisa mematuhi tata tertib berlalu lintas sesuai ketentuan yang berlaku. Dijelaskan Donny, razia serupa akan digelar juga di terminal lainnya.(Rus)



Terpopuler