Connect with us

METROPOLITAN

Begini Pendapat Calon Pemimpin Tangsel untuk Mencegah Penularan HIV/AIDS

Published

on

Banten Hits – Berbagai upaya dilakukan oleh pihak terkait untuk mencegah menularnya HIV/AIDS di masyarakat. Salah satunya, dengan melalui berbagai seminar dan sosialisasi tentang penyakit tersebut yang juga dilakukan oleh berbagai elemen, tak terkecuali para calon pemimpin Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang menjadi peserta Pilkada 9 Desember.

Calon Wali Kota Ikhsan Modjo, Airin Rachmi Diany dan calon Wakil Wali Kota Elvier Afriadiannie Soedarto Poetri juga mempunyai pandangan dan upaya untuk menekan angka penularan HIV/AIDS agar tidak meningkat.

Para calon Pemimpin Tangsel ini satu persatu memaparkan pengetahuan dan pemahaman, serta upaya pencegahan HIV/AIDS dalam memperingati Hari AIDS sedunia di Teras Kota, Selasa (1/12/2015). Kegiatan tersebut, diselenggarakan Yayasan Aisiyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dinas Kesehatan, Universitas Islam Negeri (UIN), Kelompok dukungan sebaya Pelangi, Bina Muda Gemilang dan SMK Nusantara.\

BACA :  Muhammadiyah Ingatkan Umat Islam Harus Kuat Secara Ekonomi dan Politik

Kata Ikhsan, perilaku religius masyarakat memang perlu ditegakkan, salah satunya panti pijat dan lokasi protitusi akan ditindak dan dibatasi. Menurutnya, stigma AIDS yang terjangkit PSK, pemakai Narkoba justru faktanya terbanyak di kalangan ibu-ibu.
“Pemberdayaan perempuan itu sangat penting untuk mengetahui cara penyebaran AIDS,” katanya.

Nantinya, keberadaan SPA dan panti pijat diharuskan memiliki lokasi yang jaraknya cukup jauh dari sekolah, pasar dan tempat umum lainnya. Upaya tersebut, kata dia merupakan pencegahan dalam  meminimalisir seks bebas yang terjadi di masyarakat.

AIDS akan menyebar dari perilaku seks bebas, maupun penggunaan jarum suntik. Untuk itu diperlukan kesadaran untuk memberitahukan tentang bahaya dari tindakan pergaulan bebas.

BACA :  Satpol PP Tebang Pilih saat Penertiban, Warga Bugel Tigaraksa Hancurkan Restoran

“Nanti harus dibuat kurikulumnya, karena anak-anak sudah harus dikenalkan sejak usia dini tentang bahayanya seks bebas,” ujarnya seraya menambahkan jika Tangsel menduduki peringkat kelima terkait Endemik AIDS.

Sementara itu, Airin Rachmi Diany menegaskan, salah satu penceghan yang harus dilakukan orang tua adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan yang di lingkungan keluarga.

“Pencegahan dari rumah, orang tua melakukan pendidikan terhadap anak juga berpengaruh dan pemerintah melakukan sosialisasi bahaya AIDS,” terangnya.

Airin meminta tidak ada masyarakat mendiskriminasi terhadap penderita Aids. Support dari orang terdekat itu penting, kita harus sayang pada diri sendiri apabila tidak mau terkena Aids “Jangan sex bebas, dan memakai narkoba apalagi yang ada jarum suntik secara bergantian,” jelasnya.(Nda)

BACA :  Polisi Tangkap Pelaku Narkoba di Aeropolis Tangerang



Advertisement
Click to comment

Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh