Connect with us

OLAHRAGA

Pealip dan Contra Gelar Lomba Orienteering di Bitung Tangerang

Published

on

Banten Hits – Sebanyak 100 peserta akan mengikuti kompetisi orienteering tingkat nasional di Kampus STIE-STMIK Insan Pembangunan, di Jalan Raya Serang Km 10, Bitung Kabupaten Tangerang.

Seratus peserta yang ditargetkan akan ikut dalam perlombaan yang diadakan Contour Orienteering Tangerang (Contra) dan Mapala Pealip Insan Pembangunan tersebut, akan dibagi dalam dua kategori, umum dan sipil (putera/i) dan kategori pelajar. Olahraga yang mengandalkan navigasi dengan bantuan peta dan kompas tersebut akan dimulai 5-6 Desember 2015.

Ketua Umum COT  Mahardika Eduardo mengatakan, perkembangan olahraga alam bebas seperti orieneetring dewasa ini semakin digembari oleh kalangan pelajar dan masyarakat umum.

Melalui berbagai kompetisi yang dilakukan secara kontinyu, Edu mengharapkan lahir bibit atlet orienteering yang nantinya siap bersaing pada kompetisi skala nasional dan internasional.

BACA :  Atlet Bulutangkis asal Lebak Ukir Prestasi di Djarum Sirnas 2017

“Dalam setahun, orienteering kita adakan selama tiga kali. Pertama kita adakan di Kota Tangerang, kedua se-Provinsi Banten dan yang ketiga ini kita lakukan tingkat nasional,” terang Edu Jumat (4/12/2015).

Ia menjelaskan, selain sebagai wadah mencari bibit atlet, orienteering juga sebagai sarana dalam mempererat tali persuadaraan sesama penggiat alam bebas dan pelaku orienteering dalam menumbuhakn jiwa pantang menyerah dan sportifitas berolahrga.

“Untuk kompetisi besok, kita akan datangkan pengarah dari Jerman. Para peserta akan mencari suatu benda dengan menggunakan bantuan peta dan kompas untuk mencari benda di 16 pos yang sudah disediakan dengan total jarak 3,5-4 Km. Peserta yang tercepat akan menjadi pemenangnya yang akan diberikan piala serta uang pembinaan,” jelasnya.

BACA :  Kabupaten Tangerang Jadi Tempat Kongres PSSI

Peserta dari berbagai daerah di dalam dan luar pulau Jawa seperti, Solo, Cilacap, Semarang, Sulawesi, dan Lampung. COT, lanjut Edu pernah mengikuti kejuaraan Orieteering se-Asean di Perak dan Perlis Malisyia. Dalam even tersebut COT berhasil menjadi juara umum.

“Kita harapkan dengan kompetisi ini muncul atlet-atlet orientering dan olahraga ini bisa diakui oleh Komite Olah Raga Nasional (KONI),” harapnya.(Nda)



Terpopuler