Mentan ‘Belepotan’ Lumpur Tanam Padi pakai Transplanter di Sukadiri Tangerang

Date:

Banten Hits – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mendatangi petani yang ada Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Senin (7/12/2015). Kedatangan Mentan ini dalam rangka Pencanangan Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu Melalui Kegiatan Tanam Serempak.

Pantauan Banten Hits, Mentan tiba pukul 08.30 WIB. Usai berbincang sejenak dengan pejabat Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Pemerintah Provinsi Banten, Mentan kemudian turun ke sawah petani. Dia tak mengiraukan dua pasang sepatu boot karet yang dikenakannya terbenam di dalam lumpur sawah.

Didampingi sejumlah petani, Mentan tampak fokus menanam bibit padi menggunakan alat penanam bibit padi otomatis atau transplanter. Usai mencoba alat itu, Amran mengatakan, seluruh petani harus sudah bisa mengoperasikan alat itu untuk meningkatkan produksi.

“Kami targetkan luas tanam bertambah. Lebih luas dari tanam pada 2015 dan 2014. Saya minta saudaraku petani se-Indonesia, turun bersama ke sawah. Peralatan sudah kita bagi dan harus dipakai,” ungkapnya.

Amran menambahkan, para petani saat ini telah mulai memasuki masa tanam Oktober-Maret. Padi yang akan ditanam saat ini bakal panen 3 bulan mendatang pada Februari-Maret 2016.

“Ini tanam serempak se-Indonesia untuk musim tanam Oktober-Maret. Mudah-mudahan panen bagus bulan Februari-Maret nanti,” ujarnya.

Untuk tahun 2016 nanti, Kementerian Pertanian akan menambahkan alsintan minimal 80.000 unit yang akan disebarkan ke petani seluruh Indonesia.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...