Connect with us

METROPOLITAN

Mentan ‘Belepotan’ Lumpur Tanam Padi pakai Transplanter di Sukadiri Tangerang

Published

on

Banten Hits – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mendatangi petani yang ada Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Senin (7/12/2015). Kedatangan Mentan ini dalam rangka Pencanangan Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu Melalui Kegiatan Tanam Serempak.

Pantauan Banten Hits, Mentan tiba pukul 08.30 WIB. Usai berbincang sejenak dengan pejabat Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Pemerintah Provinsi Banten, Mentan kemudian turun ke sawah petani. Dia tak mengiraukan dua pasang sepatu boot karet yang dikenakannya terbenam di dalam lumpur sawah.

Didampingi sejumlah petani, Mentan tampak fokus menanam bibit padi menggunakan alat penanam bibit padi otomatis atau transplanter. Usai mencoba alat itu, Amran mengatakan, seluruh petani harus sudah bisa mengoperasikan alat itu untuk meningkatkan produksi.

BACA :  Viral Bupati Pandeglang Hujan-hujan Cek Penyebab Banjir di Pasar Badak, DPUPR Provinsi Banten Sebut Pemkab Tak Bikin Drainase

“Kami targetkan luas tanam bertambah. Lebih luas dari tanam pada 2015 dan 2014. Saya minta saudaraku petani se-Indonesia, turun bersama ke sawah. Peralatan sudah kita bagi dan harus dipakai,” ungkapnya.

Amran menambahkan, para petani saat ini telah mulai memasuki masa tanam Oktober-Maret. Padi yang akan ditanam saat ini bakal panen 3 bulan mendatang pada Februari-Maret 2016.

“Ini tanam serempak se-Indonesia untuk musim tanam Oktober-Maret. Mudah-mudahan panen bagus bulan Februari-Maret nanti,” ujarnya.

Untuk tahun 2016 nanti, Kementerian Pertanian akan menambahkan alsintan minimal 80.000 unit yang akan disebarkan ke petani seluruh Indonesia.(Rus)

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler