Ini Tiga Siswa Terbaik Karya Tulis Jambore Sanitasi Kabupaten Tangerang

Date:

Banten Hits – Tiga siswa yang berasal dari SMP Tarakanita Citra Raya, Cikupa; SMP Negeri 3 Cisauk; dan SMP Swasta Permata Insani Pasar Kemis, menjadi yang terbaik pilihan dewan juri lomba menulis karya ilmiah tingkat SLTP dalam Jambore Sanitasi Kabupaten Tangerang 2015.

Dewan juri memutuskan tiga perwakilan tersebut menjadi yang terbaik dari 27 peserta yang hadir berdasarkan penilaian terhadap karya tulis ilmiah dan kemampuan peserta untuk mempresentasikan karya mereka.

Kabid Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Ali Marisan mengatakan, lomba karya ilmiah tingkat SLTP tersebut digelar untuk menumbuhkan semangat kepedulian terhadap lingkungan sejak dini kepada para siswa. Selain itu, diharapkan peserta memiliki kemampuan andal dalam menyusun karya tulis ilmiah.

“Tema lomba karya tulis ilmiah ini adalah soal sanitasi. Mereka yang menang dalam lomba ini akan menjadi wakil Kabupaten Tangerang dalam Jambore Sanitasi tingkat Provinsi Banten,” kata Ali Marisan.

Sementara itu, ketua dewan juri Imam Sutopo menyebut, tiga terbaik ditetapkan setelah mengantongi hasil penilaian yang tinggi dari total penilian karya tulis dan presentasi. Dalam karya tulis, ada empat point yang dinilai yakni soal tema, kreativitas, kualitas dan tata bahasa.

“Sementara, saat presentasi, peserta dinilai kecakapan dalam menentukan tema, ekspresi saat presentasi, dan metoda penyampaian presentasi,” terang Imam.

Cicilia Hary Febyola, terbaik satu dari SMP Tarakanita Citra Raya, Cikupa mengaku senang dengan raihannya di lomba ini. Dia mengaku tertarik dengan tema sanitasi, karena sejak kecil keluarganya telah menerapkan disiplin yang tinggi terhadap perilaku membuang sampah.

“Di lingkungan keluarga kami, tak ada yang membuang sampah sembarangan. Jika kami makan makanan yang dikemas ketika sedang dalam perjalanan, maka kami baru boleh membuang kemasannya ketika sudah menemukan tempat sampah,” ujarnya. 

Ghalda Salsabila, terbaik dua dari SMP Swasta Permata Insani, Pasar Kemis mengaku, raihan terbaiknya dalam lomba itu diperoleh karena motivasi yang diberikan oleh guru-guru di lingkungan sekolahnya.

“Kami juga diberikan pengetahuan-pengetahuan soal bagaimana menumbuhkan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan,” ucapnya.

Lomba karya tulis ilmiah tingkat SLTP ini digelar selama dua hari dari Senin-Selasa (7-8/12/2015) di Hotel Lemo, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Selain lomba karya tulis, dalam Jambore Sanitasi Kabupaten Tangerang ini ada juga lomba poster sanitasi.

Seminggu sebelumnya, lomba serupa juga digelar untuk peserta tingkat sekolah dasar. Peserta yang ikut lomba ini merupakan perwakilan dari setiap gugus dan kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...