Connect with us

METROPOLITAN

Cuaca Selat Sunda Buruk, Aktivitas Lima Dermaga di Pelabuhan Merak Terganggu

Published

on

Banten Hits – Cuaca buruk melanda perairan Selat Sunda, Senin (14/12/2015). Kondisi tersebut membuat kapal penumpang (roll of roll) yang hendak bersandar maupun bertolak di setiap dermaga di Pelabuhan Merak, mengalami kesulitan karena dihantam oleh ombak besar.

Wartawan Banten Hits Iyus Lesmana melaporkan, di Dermaga 1 Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakahueni, terlihat kapal penumpang yang hendak sandar mengalami kesulitan karena dihantam ombak besar setinggi 3 sampai 4 meter. 

Selain itu, kondisi angin di pelabuhan bertiup kencang sehingga nakhoda kapal harus ekstra hati-hati saat menyandarkan kapal.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Merak, Nafri kepada wartawan mengatakan, cuaca buruk yang terjadi di Perairan Selat Sunda mengakibatkan aktivitas lima dermaga yang ada di Pelabuhan Merak terganggu.

BACA :  Pejabat Palsukan Absensi, DPRD Dorong Pemprov Banten Bentuk Satgas Pengawas ASN

“Akhir-akhir ini memang cuaca di perairan cukup memprihatinkan dan tidak bersahabat. Kecepatan angin 20-30 knot arah tenggara. Untuk keselamatan dan kesiapan kapal, wajib diperhatikan saat melakukan pelayaran. Surat edaran yang diberikan pada perusahaan pelayaran  dalam rangka pengawasan cuaca buruk di Perairan Selat Sunda,” kata Nafri.

Nafri mengimbau, baik setiap operator dan nakhoda kapal, agar lebih mewaspadai cuaca di Perairan Selat Sunda yang sewaktu-waktu dapat berubah.

“Operator kapal harus berkewjiban untuk melaksanakan pengamanan pada kapal itu sendiri. Selain itu setiap kapal yang melakukan pelayaran wajib diawaki secara penuh. Dan kita akan meningkatkan pengawasan dan pengendalian di Perairan Selat Sunda,” tegasnya.(Rus)

BACA :  Antisipasi Curanmor, Satsabhara Polres Serang Kota Gelar Patroli Dialogis




Photos

  • Videos


  • Terpopuler