Connect with us

METROPOLITAN

Kemenag Lebak Bantah Pihaknya Persulit Masyarakat Peroleh Dokumen Publik

Published

on

Banten Hits – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak Encep Safrudin Muhyi membantah jika pihaknya mempersulit masyarakat dalam memperoleh dokumen publik yang berada di lingkungan instansinya.

Sepanjang, dokumen yang diminta bukan merupakan dokumen negara, pihaknya memastikan akan memberikan dokumen tersebut kepada pemohon melalui alur prosedur yang sudah ditentukan.

“Tidak ada kesulitan asal dokumen tersebut bukan merupakan dokumen rahasia negara,” terang Encep saat dikonfirmasi Banten Hits, Selasa (15/12/2015).

Soal sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang tengah digelar instansinya, Encep menjelaskan, kegiatan tersebut baru kali pertama dilakukan sebagai upaya adanya sinergi antara Kemenag dengan Media maupun lembaga sosial control lainnya.

BACA :  Dua Eks Pimpinan Pasukan Elit TNI Ini Sahabatan sampai Tua, Yang Satu Diminta Harus Pimpinan Indonesia

“Kami ingin ada sinergi dengan teman-teman Media dan LSM dalam keterbukaan informasi, terutama informasi yang positif,” jelasnya.

Terkait dengan sejumlah informasi yang dianggap merupakan bagian dari informasi yang seharusnya bisa diketahui publik, semisal pengunguman daftar Kategori 2, tarif nikah yang dipasang oleh masing-masing KUA, hingga informasi rekapitulasi jumlah penerima BOS dan BSM, Encep mengaku ada beberapa hal tersebut yang bukan menjadi kewenangannya.

“Untuk BOS, BSM dan K2 itu kewenangannya Kanwil Banten. Kalau untuk tarif nikah sudah dipampang oleh masing-masing KUA,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua LSM Komunas Achmad Syarif meminta supaya kegiatan sosialisasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak tidak hanya seremonial belaka.

BACA :  GP Ansor Serang Gelar Rakercab, Fokus Peningkatan dan Pemantapan Kader

(BACA : Kemenag Lebak Sosialisasi KIP, Komunas: Jangan Hanya Seremonial!)

“Contohnya saja, apa pernah Kemenag Lebak mengumumkan daftar Kategori 2 yang lulus CPNS di papan informasi? Padahal, ini merupakan bagian dari tahapan untuk mendapat tanggapan dan sanggahan dari publik atau pernah tidak KUA memasang plang besar agar terlihat jelas oleh masyarakat soal tarif nikah yang sebenar-benarnya, dan hal lain misalnya soal papan informasi rekapitulasi jumlah penerima BOS dan BSM,” bebernya.(Rus)

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler