Connect with us

METROPOLITAN

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kedatangan Truk Ekspedisi di Pelabuhan Merak Meningkat

Published

on

Banten Hits – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2016, ribuan truk ekspedisi yang memasok bahan kebutuhan pokok mulai memadati Pelabuhan Merak. Pantauan Banten Hits, kendaraan yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera mengantre hingga ke luar pelabuhan.

Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan, jumlah truk ekspedisi mengalami kenaikan sekitar 20 persen.Jika hari biasanya jumlah truk yang akan menyebrang sebanyak 2.500, saat ini naik menjadi lebih dari 3.000 kendataan.

“Kenaikannya cukup signifikan. Ini tercatat hampir tiga ribu unit truk yang menyeberang. Belum ditambah dengan truk yang akan melintas pada malam hari,” kata Mario, kepada wartawan, kemarin.

BACA :  Petani di Lebak Ditemukan Tewas dengan Tangan Terikat

Menurut Mario, saat ini penyeberangan terganggu oleh cuaca buruk yang terjadi Selat Sunda. Akibatnya, aktivitas bongkar muat kapal terkendala karena kapal sulit sandar di dermaga.

“Ombaknya sampai dua setengah meter, dan kecepatan anginnya sekitar 18 knot. Dengan begitu, kapal kesulitan sandar di dermaga,” ucapnya.

Saat ini, mulai diberlakukan buka tutup di jalur Cikuasa Atas, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

“Semalam kita lakukan buka tutup di area Cikuasa Atas. Karena banyaknya jumlah truk yang akan menyeberang. Sedangkan lahan parkir di Pelabuhan
sudah dipadati kendaraan yang tiba terlebih dahulu,” jelasnya.(Nda)



Terpopuler