Antisipasi Kemacetan Menuju Pelabuhan Merak, ASDP Percepat Jadwal Sandar Kapal

Date:

Banten Hits – Guna mengantisipasi kemacetan kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak akan memberlakukan pengurangan jadwal sandar kapal di setiap dermaga pelabuhan.

Hal tersebut dikatakan General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Yanus Letanga kepada Banten Hits, yang secara langsung memantau kepadatan kendaraan pada lima dermaga pelabuhan, Kamis (24/12/2015).

“Jadwal sandar kapal untuk melakukan proses bongkar muat kendaraan yang sebelumnya 1 jam akan kita percepat. Ini dilakukan untuk mengatasi kepadatan kendaraan di dermaga pelabuhan agar cepat terurai, sehingga tidak menambah kemacetan yang terjadi di jalur menuju Pelabuhan,” terang Yanus.

Pantauan Banten Hits di pelabuhan merak, seluruh kantong parkir di lima dermaga pelabuhan sudah dipadati oleh ribuan kendaraan, baik kendaraan pribadi, bus penumpang dan kendaraan muatan barang yang akan memasuki kapal penumpang untuk melakukan penyebrangan menuju Pulau Sumatera.

Selain memberlakukan percepatan jadwal sandar kapal, ASDP kata Yanus tengah menambah jumlah kapal penumpang yang biasa melayani penyebrangan Merak-Bakahueni.

“Kapal yang beroperasi ada 28 kapal penumpang yang pada hari biasa hanya 25 kapal. Pola ini kita terapkan juga pada arus mudik Lebaran kemarin. Yakni datang, muat, penuh, berangkat,” urainya.

Diprediksi, arus kendaraan di Pelabuhan Merak akan terus memadati kantong-kantong parkir pelabuhan hingga satu pekan pada perayaan pergantian tahun, mengingat tahun baru akan terjadi sebelum akhir pekan.

“Rata, kondisi seperti ini bisa berlangsung sampai dengan minggu depan. Karena, pada minggu depan jatuhnya itu tahun baru ditambah tanggal 2 dan 3 Januari adalah akhir pekan. Jadi kemungkinan, arus balik kendaraan yang akan terjadi,” tandasnya. jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...